6 Buah untuk Diet Agar Cepat Kurus, Kaya Serat dan Rendah Kalori

Hary Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 04 Jul 2020 13:10 WIB
Remaja makan sayur dan buah Ilustrasi wanita makan buah untuk diet agar cepat kurus. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Buah bisa untuk diet ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Namun pemilihannya harus diperhatikan karena tidak semua buah aman dikonsumsi jika tujuan diet kamu adalah memiliki badan yang lebih langsing.

Beberapa jenis buah tinggi akan gula yang justru bisa menambah berat badan. Sementara ada pula buah kaya serat dan kalorinya rendah untuk bantu program diet kamu agar cepat berhasil.

Berikut ini rekomendasi buah untuk diet agar cepat kurus, seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Buah Naga

Pitaya cut in half on black backgroundBuah naga. Foto: Getty Images/iStockphoto/ansonmiao


Buah Naga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat. Tidak hanya membantu menstabilkan kadar gula darah, buah naga juga bisa mencegah produksi insulin sehingga menghambat kenaikan berat badan. Kalori dari satu buah naga hanya sekitar 60 kalori sehingga cocok dikonsumsi sebagai camilan kamu saat menjalankan diet.


2. Kelapa

Buah kelapa. Foto: Thinstock


Buat kamu yang sedang menjalankan diet jangan takut mengonsumsi buah kelapa atau bisa campurkan dengan salad. Kelapa memiliki lemak sehat yang membantu memperlambat pencernaan gula sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan juga mengandung trigliserida, sejenis lemak yang diproses oleh tubuh sebagai sumber energi daripada disimpan sebagai lemak.

3. Kiwi

kiwiBuah kiwi. Foto: iStock


Kiwi bisa jadi pilihan buah untuk diet agar cepat kurus. Cocok dikonsumsi saat program penurunan berat badan karena praktis sehingga mudah dibawa kemanapun kamu pergi. Dengan mengonsumsi satu butir kiwi tubuh kamu sudah terpenuhi dengan lima gram serat, vitamin C, dan enzim alami yang membantu tubuh mencerna berbagai macam protein.


4. Jeruk Bali

grapefruitJeruk Bali. Foto: Thinkstock


Setengah jeruk bali hanya mengandung 39 kalori tetapi menyediakan 65% dari angka kecukupan gizi atau asupan harian kamu. Selain itu juga mengandung varietas merah sebanyak 28% untuk vitamin A, memiliki kadar glycemic index (GI) rendah, yang berarti mampu melepaskan gula ke dalam aliran darah lebih lambat daripada biasanya.

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 85 orang dengan kegemukan, memakan jeruk bali sebelum makan selama 12 minggu menghasilkan penurunan kalori dan penurunan berat badan hingga 7,1. Selain itu juga mampu mengontrol kadar kolesterol.

5. Buah-Buahan Batu

red plums isolatedBuah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont


Jenis buah-buahan batu dapat meliputi ceri, aprikot, prem, plum, atau buah-buahan yang hanya memiliki satu biji di tengah. Buah-buahan ini memiliki kadar glikemik indeks yang rendah, rendah kalori dan kaya nutrisi seperti vitamin C dan A, sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk diet agar cepat kurus.

Misalnya satu buah persik sedang dengan berat 150 gram hanya mengandung 58 kalori, 130 gram buah ceri menghasilkan 87 kalori dan dua buah plum kecil (120 gram) atau empat apricot (140) gram hanya memiliki 60 kalori.


6. Melon

Cantaloupe melon isolated on white background. Juicy and sweet cantaloupe melon isolated on white backgroundBuah melon. Foto: iStock


Melon juga merupakan rekomendasi buah untuk diet agar cepat kurus. Memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori, melon mempermudah proses diet dalam menurunkan berat badan. Tak hanya rendah kalori, melon juga sangat kaya akan serat, kalium dan likopen.

Buah untuk diet agar cepat kurus yang telah dipaparkan di atas bisa kamu jadikan alternatif camilan sehat. Tapi tetap batasi konsumsinya sesuai kebutuhan kalori harian.



Simak Video "Biji Buah Jenitri Bisa Diolah untuk Aksesori Khas Kebumen"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)