5 Artis yang Antivaksin, Terbaru Adik Gigi Hadid Tolak Vaksin Corona

Hestianingsih - wolipop Selasa, 29 Des 2020 05:30 WIB
NEW YORK, NY - OCTOBER 08:  (L-R) Gigi Hadid, Anwar Hadid and Bella Hadid attend the Global Lyme Alliance Anwar Hadid. Foto: Getty Images
Jakarta -

Manusia membuat vaksin untuk membantu mencegah penularan penyakit dan mengendalikannya agar tidak menyebar serta mengancam nyawa. Mulai dari vaksin cacar, polio, tetanus, hingga yang terbaru vaksin Corona diciptakan para ilmuwan demi keberlangsungan hidup manusia.

Namun ada pula yang tidak percaya dengan vaksin. Mereka yakin vaksin justru menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan penyakit. Di antara kelompok antivaksin, ada pula selebriti yang terang-terangan menolak suntik vaksin. Ini dia lima selebriti antivaksin yang sempat menuai kontroversi.

1. Anwar Hadid

NEW YORK, NY - OCTOBER 08:  (L-R) Gigi Hadid, Anwar Hadid and Bella Hadid attend the Global Lyme Alliance Anwar Hadid (tengah). Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images for Global Lyme Alliance

Anwar Hadid, adik dari model ternama Gigi Hadid, menyatakan tidak akan mau disuntik vaksin virus Corona. Model 21 tahun ini mengungkapkan bahwa dia hanya berserah diri pada Tuhan untuk keselamatannya.

"Entah saya yang tidak kena virus atau saya kena dan Tuhan yang bersedia menyembuhkan saya dari penyakit itu dan membentuk antibodi daripada harus menjalani proses secara tidak alami, tubuh kita diciptakan oleh Sang Pencipta untuk melakukan yang di luar nalar," katanya.

2. Letitia Wright

LOS ANGELES, CA - APRIL 22:  Letitia Wright attends the Los Angeles World Premiere of Marvel Studios' Letitia Wright. Foto: Jesse Grant/Getty Images for Disney

Bintang Black Panther, Letitia Wright, dikritik netizen karena mengunggah banyak kicauan tentang antivaksin COVID-19. Ia mempertanyakan fungsi vaksin di tengah pandemi yang masih belum mereda.

Saya memiliki hak untuk khawatir bagaimana tubuh saya akan bereaksi, saya mengunggahnya karena memikirkan diri saya sendiri," ujar aktris 27 tahun ini.

3. Jenny McCarthy

CHICAGO, IL - APRIL 28:  Jenny McCarthy attends during her SiriusXM show from Grant Park in Chicago, IL before the NFL Draft on April 28, 2016 in Chicago, Illinois.  (Photo by Daniel Boczarski/Getty Images for SiriusXM)Jenny McCarthy. Foto: Daniel Boczarski/Getty Images for SiriusXM

Jenny McCarthy sudah sejak lama lantang bersuara kalau dia antivaksin. Bahkan aktri sekaligus presenter ini yakin kalau vaksin adalah penyebab anaknya mengidap autisme.

Wanita 48 tahun ini juga telah menerbitkan beberapa buku tentang antivaksin dan menjadi presiden dari organisasi non-profit bernama Generation Rescue. Organisasi tersebut merupakan kumpulan dari orang-orang yang tidak percaya vaksin.

4. Toni Braxton

LAS VEGAS, NV - NOVEMBER 05:  Toni Braxton attends the 2017 Soul Train Awards, presented by BET, at the Orleans Arena on November 5, 2017 in Las Vegas, Nevada.  (Photo by Leon Bennett/Getty Images for BET)Toni Braxton. Foto: Leon Bennett/Getty Images for BET) Foto: Getty Images

Penyanyi Toni Braxton termasuk dalam kelompok orang yang percaya kalau vaksin adalah salah satu faktor penyebab autisme. Anaknya, Diezel, pun mengidap autisme.

"Mungkin ini hanya kebetulan setelah vaksinasi pertama anak saya, saya mulai menyadari beberapa perubahan yang terjadi padanya," tulis Toni Braxton dalam memoir yang dirilis pada 2014.

5. Lisa Bonet

HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 24: (L-R) Jason Momoa and Lisa Bonet attend the 91st Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 24, 2019 in Hollywood, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)Lisa Bonet dan Jason Momoa. Foto: Frazer Harrison/Getty Images

Aktris dan aktivis Lisa Bonet pernah menyatakan bahwa vaksin berpotensi memengaruhi kesehatan anak-anak dalam jangka panjang. Istri aktor Jason Momoa ini meyakini vaksin sebagai 'alien' di dalam tubuh.

"Vaksin bisa berpotensi memperkenalkan mikroorganisme alien ke darah anak-anak kita. Vaksin juga berhubungan dengan munculnya penyakit kanker, leukemia, multiple sclerosis dan sindrom kematian mendadak bayi," katanya dalam acara The Donahue Show.

(hst/hst)