Hanya Dalam Waktu 6 Bulan, Pria Tergemuk di China Ini Berhasil Turun 142 Kg

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 11 Sep 2020 10:33 WIB
Wang Haonan Wang Haonan / Foto: Beijing Youth Daily
Jakarta -

Remaja berusia 20 tahun yang dipercaya sebagai pria tergemuk di China ini dikabarkan telah berhasil menurunkan berat badan hingga 142 kg hanya dalam 6 bulan saja. Namun tentu saja proses yang harus dilaluinya tidaklah mudah. Remaja bernama Wang Haonan itu sampai harus menjalani operasi dan menerapkan gaya hidup sehat.

Seperti dikutip dari China Daily, Wang yang berasal dari provinsi Shandong, China itu sebelumnya memiliki berat badan 334 kg. Pada bulan Juli tahun 2018, dirinya menjalani operasi gastrektomi, di mana empat per lima dari bagian perutnya diangkat.

Setelah sekitar enam bulan setelahnya, berat badan Wang pun menjadi turun drastis. Kini beratnya menjadi 192 kg.

Menurut dokter di Qilu Hospital of Shandong University, Liu Shaozhuang, yang menangani operasi Wang, pembedahan tersebut tidak berdampak pada pencernaan Wang. Hanya saja Wang perlu mengunyah makanan dengan lebih baik sebelum menelannya.

Namun itu bukanlah satu-satunya alasan yang membuat Wang kini menjadi lebih kurus. Wang mengaku bahwa dirinya makan makanan lebih sedikit dan melakukan lebih banyak olahraga. Tak hanya itu saja, Wang juga tidak mengonsumsi daging selama liburan festival musim seminya.

[Gambas:Youtube]



Sebelumnya Wang didiagnosa menderita masalah hati berlemak, jantung, serta paru-paru akibat kegemukannya. Setelah operasi, penyakit-penyakitnya itu serta sleep apnea atau tidur mendengkur yang dideritanya semakin membaik.

Walaupun berat badannya kini telah mengalami penurunan drastis, tetapi indeks massa tubuh Wang masih 57,3, jauh di angka batas normal untuk orang sehat, yaitu 24,5. Oleh karena itu Wang berniat untuk kembali mengurangi berat badannya hingga di bawah 100 kg.

(vio/vio)