10 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 10 Sep 2020 18:02 WIB
ilustrasi susu bubuk Ilustrasi manfaat minum susu sebelum tidur/ Foto: iStock
Jakarta -

Minum susu sebelum tidur ternyata memiliki sangat banyak manfaat, hanya saja kamu mungkin belum benar-benar mengetahuinya. Susu mengandung tryptophan dan asam amino yang dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, susu juga memiliki kandungan melantonin, hormon yang berfungsi sebagai neurotransmitter dan membantu pola bangun serta tidur.

Tak hanya itu saja, beberapa kandungan dalam susu juga bisa membantu menghilangkan stress. Agar lebih paham, berikut ini 10 manfaat minum susu sebelum tidur seperti dikutip dari Firstcry Parenting.

1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Minum susu sebelum tidur bisa membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal itu karena susu memiliki kandungan tryptophan dan peptida bioaktf yang dapat membantu membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak. Bagi orang yang mengalami kesulitan tidur karena stress atau terlalu banyak pikiran, mengonsumsi susu sebelum tidur biasanya akan membantunya untuk lebih tenang dan tidur 8 jam.

2. Bantu Menurunkan Berat Badan

Minum susu di malam hari bisa mencegahmu bangun dengan perut kelaparan. Selain itu, dengan meminum susu juga bisa membantumu melawan keinginan untuk ngemil di tengah malam. Susu juga merupakan sumber protein penting yang dapat membantu menjaga kadar gula darah dan memastikan bahwa kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Agar berat badanmu tetap terjaga, pastikan bahwa susu yang kamu minum adalah susu rendah lemak.

3. Memperkuat Tulang

Susu kaya akan kandungan vitamin D. Vitamin D sendiri dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium yang dibutuhkan untuk memproleh tulang yang kuat dan sehat. Selain itu, susu juga bisa membantu tubuh untuk mempercepat penyembuhan dan memperbarui kandungan vitamin D yang habis. Vitamin D juga dapat mengurangi risiko osteoporosis, jantung, dan diabetes.

4. Menjaga Kecantikan Kulit

kulit sehatIlustrasi kulit sehat Foto: shutterstock

Manfaat minum susu sebelum tidur yang selanjutnya adalah untuk menjaga kecantikan kulit. Mengonsumsi susu secara teratur dapat memperbaiki kondisi kulit dan membuatnya terlihat lebih awet muda. Susu mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen yang membuat kulit tetap bercahaya dan indah. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu pembentukan sel baru dan melawan berbagai penyakit kulit.

5. Bantu Memberikan Energi Pada Tubuh

Minum segelas susu pada malam hari dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi tubuhmu. Saat bangun di hari berikutnya, kamu akan merasa lebih bertenaga. Dengan demikian, kamu bisa memulai hari dengan lebih bersemangat dan terus aktif sepanjang hari.

6. Mengurangi Stress

Jika kamu sedang merasa stress maka cobalah untuk mengonsumsi segelas susu sebelum tidur. Susu memiliki kandungan Lactium yang dapat menenangkan, mengurangi tekanan darah, mengendurkan otot dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang dilepaskan saat stress. Selain itu, Lactium dapat membantu reseptor otak untuk mengendalikan stress dan kecemasan.

7. Bantu Mengontrol Kadar Kolesterol

Mengonsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak sebelum tidur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Protein yang terkandung dalam susu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, susu sapi juga kaya akan vitamin A, D, dan kalsium yang dapat berdampak positif bagi kesehatan jantung.

8. Menyehatkan Pencernaan

Kamu bisa mencampurkan susu dengan madu. Campuran dari keduanya akan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaat minum susu dengan madu sebelum tidur adalah untuk meningkatkan pencernaan yang sehat. Susu, jika dikombinasikan dengan madu, bekerja sebagai prebiotik yang dapat memelihara pertumbuhan bakteri baik dan menghilangkan bakteri jahat penyebab penyakit di usus.

9. Bantu Mencegah Pilek dan Batuk

Kematian Karena Flu Biasa di Australia Turun Tajam Karena 'Social Distancing'Ilustrasi batuk dan pilek Foto: ABC Australia

Mencampurkan susu dengan sedikit kunyit dan meminumnya pada malam hari bisa membantu meredakan gejala pilek dan batuk. Sifat antioksidan dan antibakteri dari susu kunyit dapat mempercepat proses pemulihan tubuh.

10. Mencegah Berbagai Masalah Pada Perut

Minum susu dingin di malam hari dapat membantu meredakan keasaman dan dapat membantu mencegah masalah perut umum lainnya seperti sembelit, perut kembung. Asam laktat yang ada dalam susu dapat membantu menetralkan penumpukan keasaman di usus. Selain itu, kandungan kalsium susu yang tinggi dapat menyerap kelebihan asam yang diproduksi di perut, sehingga dapat mengurangi gejala seperti sakit perut. Itulah mengapa minum susu sebelum tidur sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh.

(vio/vio)