6 Manfaat Sabun Saffron Untuk Kulit

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 03 Jul 2020 19:30 WIB
In this Tuesday, Nov. 5, 2019 photo, villagers collect Saffron flowers at dawn during harvest season in Askaoun, a small village near Taliouine, in Moroccos Middle Atlas Mountains. The saffron plants bloom for only two weeks a year and the flowers, each containing three crimson stigmas, become useless if they blossom, putting pressure on the women to work quickly and steadily. (AP Photo/Mosaab Elshamy) Foto: AP Photo
Jakarta -

Sudah tidak diragukan lagi manfaat bunga saffron untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah penyakit kanker hingga mengobati gejala depresi. Bagaimana jika diolah menjadi sabun? Apa manfaat sabun saffron untuk kulit?

Merawat kulit penting dilakukan karena dapat mempengaruhi penampilan kamu agar lebih menarik. Namun harus hati-hati ya dalam memilih perawatan kulit, pilihlah yang mengandung bahan alami salah satunya sabun berbahan dasar saffron. Berikut enam manfaat sabun saffron untuk kulit:

1. Menyembuhkan dan Memudarkan Bekas Luka

Menurut beberapa sumber seperti dilansir dari zara saffron, konon Raja Persia Cyrus The Great mandi menggunakan taburan saffron karena dipercaya dapat menyembuhkan luka pertempuran saat itu. Saffron mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mendukung penyembuhan dan pengelupasan kulit.

2. Mengatasi Pigmentasi Kulit

Terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dan melakukan diet dengan tidak menyeimbangkan hormon dapat menyebabkan pigmentasi kulit. Namun kandungan yang terdapat di dalam sabun saffron memiliki manfaat untuk pengelupasan kulit yang kuat sehingga menghilangkan lapisan sel-sel mati yang menyebabkan pigmentasi.

3. Mencerahkan Kulit

Studi ilmiah menghasilkan bahwa saffron memiliki kandungan vitamin B, vitamin A dan vitamin C yang sangat penting bagi proses pencerahan kulit. Manfaat sabun saffron dengan susu dengan mencampurnya bersama lemon dapat membantu kulit kamu semakin cerah dan bersinar.

Tim Ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Fehrat menemukan bahwa manfaat bunga saffron dapat memblokir tirosinase dan akibatnya produksi melanin dikendalikan dengan lebih baik.

organic and handmade saffron soapIlustrasi manfaat sabun saffron. Foto: Getty Images/iStockphoto/SafakOguz

4. Melembutkan Kulit

Memiliki kulit yang kusam seperti bagian tumit pasti merusak penampilan fisik selama musim panas. Dengan menggunakan sabun safrion bisa melembutkan kulit karena mengandung nutrisi yang baik.

5. Membantu Hidrasi Kulit

Sabun saffron memiliki manfaat untuk menjaga kulit kamu agar tetap terhidrasi. Selain itu saffron juga dapat menyerap kelembaban dan melawan kulit kering yang pecah-pecah.

6. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Studi menunjukan bahwa saffron dapat digunakan sebagai penyerap UV secara alami. Saffron mengandung senyawa flavonoid seperti kaempferol dan quercetin yang dapat membantu hal tersebut. Efek fotoprotektif saffron juga disebabkan oleh senyawa fenolik lainnya seperti asam tanat, galat, caffeic dan ferulic yang digunakan sebagai bahan aktif dalam melindungi kulit dari tabir surya.

Itulah enam manfaat sabun saffron. Perlu diingat, sebaiknya tetap gunakan sesuai porsinya karena saffron juga dapat menyebabkan kulit menguning apabila digunakan secara berlebihan.



Simak Video "Kasih Kado Explosion Box untuk Kesayangan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)