Alasan Jangan Pakai Kacamata Hitam KW, Kamu Wajib Tahu!

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 03 Sep 2020 06:30 WIB
NEW YORK, NY - JUNE 22:  Hailey Baldwin attends the Ilustrasi Jangan Pakai Kacamata Hitam KW/ Foto: Getty Images
Jakarta -

Alasan jangan pakai kacamata hitam kw sebenarnya cukup banyak. Beberapa orang mungkin sebelumnya menganggap bahwa kacamata hitam kw tidak akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Namun pada kenyataannya, kacamata hitam kw justru bisa menjadi sangat berbahaya. Mengapa demikian?

Seperti dikutip dari The Eye Centre, salah satu alasan jangan pakai kacamata hitam kw adalah karena kacamata hitam yang berkualitas memiliki beberapa fungsi yang mungkin tidak akan kamu dapatkan dari kacamata hitam kw. Tidak hanya untuk bergaya, kaca hitam berkualitas juga mampu melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Sinar ultraviolet adalah sinar yang sangat berbahaya bagi tubuh, dapat menyebabkan kulit terbakar hingga kanker kulit. Sinar ultraviolet matahari yang memiliki potensi paling besar untuk merusak adalah ketika siang hari dan pertengahan musim panas. Pasir atau salju juga cenderung memantulkan sinar UV dalam jumlah yang lebih besar, sehingga lebih meningkatkan risiko kerusakan. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan kacamata hitam yang berkualitas ketika berada di daerah yang bersalju atau berpasir, terutama ketika cuaca panas.

Jadi Mengapa Kacamata Hitam KW Bisa Berbahaya Bagi Tubuh?

Kacamata hitam yang memiliki kualitas baik berbeda dengan kacamata hitam kw. Beberapa kacamata hitam kw seringkali tidak memenuhi standar keamanan untuk memberikan perlindungan dari sinar UV. Akibatnya, kacamata hitam kw yang tidak memenuhi standar itu tidak akan memiliki kemampuan untuk menghalangi sinar UV mencapai mata kita.

Ketika mata beralih dari melihat cahaya terang ke daerah yang lebih gelap, maka pupil mata akan membesar. Itu adalah reaksi alami yang berfungsi untuk melihat lebih baik dalam kegelapan. Reaksi yang sama juga terjadi ketika seseorang menggunakan kacamata hitam.

Namun jika kacamata hitam yang digunakan tidak memiliki kualitas yang bagus atau bisa disebut kw, maka kacamata tersebut tidak akan bisa menghalangi sinar UV. Sehingga ketika pupil mata melebar, sinar UV yang masuk ke bagian belakang mata akan semakin banyak. Itulah mengapa menggunakan kacamata hitam kw bisa berbahaya bagi matamu.

Kacamata hitam yang berkualitas juga biasanya terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang sudah teruji dan pastinya aman untuk digunakan. Sedangkan kacamata hitam kw bisa saja dibuat dari bahan-bahan yang tidak teruji sebelumnya, sehingga berisiko berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa kacamata hitam yang kamu gunakan bukanlah kacamata hitam kw yang tidak berkualitas, maka belilah kacamata hitam di toko kacamata yang sudah terpercaya. Dengan demikian matamu akan lebih aman dan terlindungi.

Setelah membaca alasan jangan pakai kacamata hitam kw, semoga kamu bisa semakin mengerti dan memahami bahaya-bahayanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

(vio/vio)