10 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Hari

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 27 Mar 2020 06:30 WIB
Profile of a couple of man and woman breathing deep fresh air together at sunset Manfaat berjemur sinar matahari pagi. Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Semenjak pandemi virus Corona merebak dan menginfeksi banyak orang, maka kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh mulai banyak diminati, salah satunya adalah dengan berjemur di sinar matahari pagi hari. Berjemur matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat.

Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit wajah dan wajah berjerawat. Seperti dikutip dari Lifehack, berikut ini 10 manfaat berjemur di pagi hari:

1. Berjemur di Pagi Hari Menurunkan Tekanan Darah


Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama adalah untuk menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari University of Edinburgh, senyawa yang disebut nitric oxide akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini sangat penting karena sebelumnya orang-orang menganggap bahwa satu-satunya manfaat berjemur di pagi hari bagi manusia adalah untuk merangsang produksi vitamin D.

Selain itu, Richard Weller, dosen senior di bidang dermatologi juga menemukan bahwa manfaat berjemur di pagi hari tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan, tetapi juga dapat memperpanjang umur seseorang. Itu dikarenakan manfaat yang diberikan untuk menurunkan tekanan darah, termasuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur di pagi hari yang kedua adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang. Namun tidak hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. Hal tersebut dapat mengatur penyerapan kalsium. Jika kamu memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah maka kecil kemungkinannya kamu akan menderita patah tulang dan begitupun sebaliknya. Itulah mengapa berjemur di pagi hari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa hingga yang lebih tua.

3. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur di pagi hari yang ketiga adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Salah satu penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan saraf, David Llewellyn dari University of Cambridge menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita dari Inggris yang berusia 65 tahun atau lebih dan menemukan bahwa fungsi kognitif semakin berkurang ketika tingkat vitamin D rendah pada orang tersebut.

Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori. Jadi kesimpulannya, vitamin D yang didapatkan dari berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak pada seseorang.

10 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Hari Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

4. Berjemur di Pagi Hari Menghilangkan Depresi Ringan

Manfaat berjemur di pagi hari yang keempat adalah untuk menghilangkan depresi ringan. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD). SAD adalah depresi yang umum dirasakan saat berada di musim dingin. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur.

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kadar anti depresan alami di otak yang dapat membantu meringankan dan menghilangkan bentuk-bentuk depresi ringan. Hal itu dikarenakan saat berjemur di pagi hari otak dapat memproduksi lebih banyak serotonin, bahan kimia yang dapat mengangkat suasana hati.

5. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berjemur di pagi hari yang kelima adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal itu dikarenakan saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) ditutup sampai matahari terbenam lagi. Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari, sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal. Ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur.

6. Berjemur di Pagi Hari Mengurangi Gejala Alzheimer

Manfaat berjemur di pagi hari yang keenam adalah untuk mengurangi gejala Alzheimer. Pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari sepanjang hari dari jam 9 pagi hingga 6 malam, diikuti dengan kegelapan malam memiliki mental yang lebih baik. Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa pasien Alzheimer yang terpapar cahaya terang memiliki lebih sedikit gejala depresi, terjaga saat malam hari, agitasi, dan kehilangan lebih sedikit fungsi dibandingkan mereka yang terpapar cahaya siang hari yang redup.

7. Berjemur di Pagi Hari Menyembuhkan Beberapa Kelainan Kulit

Manfaat berjemur di pagi hari yang ketujuh adalah untuk menyembuhkan beberapa kelainan kulit. Paparan sinar matahari saat berjemur di pagi hari dapat membantu penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit lainnya. Terapi berjemur di pagi hari selama empat minggu terbukti berhasil digunakan untuk menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84% subjek. Untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi UV dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar dari risiko yang ditimbulkan maka sebaiknya lakukan metode pengobatan alternatif ini di bawah pengawasan medis.

10 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Hari Foto: iStock

8. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Pertumbuhan pada Anak

Manfaat berjemur di pagi hari yang kedelapan adalah untuk meningkatkan pertumbuhan pada anak, terutama bayi. Jumlah paparan sinar matahari dalam beberapa bulan pertama kehidupan bayi dapat memberikan efek pada seberapa tinggi anak tersebut nantinya akan tumbuh. Itulah mengapa banyak orang yang menjemur bayi mereka di pagi hari guna meningkatkan pertumbuhan dan tinggi badan.

9. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari yang kesembilan adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem imun yang terlalu aktif, yang dapat menjelaskan mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Selain itu, karena sel darah putih akan mengalami peningkatan saat terpapar sinar matahari maka hal tersebut akan membantu untuk memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh. Berjemur di pagi hari sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kamu miliki.

10. Berjemur di Pagi Hari Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat berjemur di pagi hari yang terakhir adalah untuk mengurangi risiko kanker tertentu. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar. Tapi dengan berjemur di pagi hari, maka risiko kanker tersebut bisa menjadi lebih rendah. Drs. Frank dan Cedric Garland dari University of California mengamati bahwa pasien kanker usus besar di New York tiga kali lebih tinggi daripada di Mexico. Selain itu, suplementasi vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala bentuk kanker hingga 60%.

Sinar Matahari Pagi Terbaik Jam Berapa?

Lantas jam berapakah waktu terbaik untuk berjemur sinar matahari di pagi hari? Seperti dikutip dari detikHealth, ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen dalam sebuah wawancara mengatakan jam 10 pagi adalah waktu terbaik karena sudah ada sinar ultraviolet B.

"Yang kita butuhkan sebetulnya adalah ultraviolet B. Ultraviolet B ini gelombangnya lebih pendek. Itu sebabnya, kita harus tunggu sedikit mataharinya naik. Jadi, untungnya kita di khatulistiwa, jam 10 sudah ada. Itu adalah alasan kita jemurnya jam 10.00," katanya.

Ilmuwan yang pernah meneliti vitamin D, Prof dr Siti Setiati, SpPD, KGER, MEpid, juga sependapat bahwa berjemur lebih efektif jika dilakukan tidak terlalu pagi. Lebih tepatnya, di atas jam 9 pagi.
"Iya, di atas jam 9, hasil penelitian saya tahun 2003. Mungkin perlu diteliti lagi karena sudah lama," kata Prof Siti saat dikonfirmasi.

Itulah penjelasan pakar mengenai jam yang baik atau waktu paling tepat untuk berjemur di pagi hari. Dengan melakukannya kamu bisa merasakan berbagai manfaat dari berjemur sinar matahari pagi. Selamat mencoba.



Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)