Seperti Jessica Mila, Ini 7 Artis yang Juga Mengidap Skoliosis

Hestianingsih - wolipop Jumat, 14 Agu 2020 12:16 WIB
jessica mila Jessica Mila mengidap skoliosis. Foto: Instagram @jscmila
Jakarta -

Jessica Mila mengidap skoliosis, kondisi tidak normal pada tulang punggung yang berbentuk bengkok. Ia mengungkap kalau skoliosis sudah dialaminya sejak SMP.

Meskipun punggungnya bengkok Jessica Mila mengatakan bahwa kondisinya saat ini masih baik-baik saja. Bintang film 'Imperfect' ini hanya perlu berolahraga secara rutin agar sakit punggung tidak cepat kambuh.

"Sejauh ini masih baik-baik saja, puji Tuhan. Memang sejak SMP tulang belakang aku udah (berbentuk) S," tuturnya ketika ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

Selain Jessica Mila, artis-artis ini juga mengidap skoliosis. Ada yang kondisinya masih ringan ada pula yang harus sampai menjalani operasi untuk meluruskan tulang punggung bengkok.

1. Tiffany Young

tiffany youngTiffany Young. Foto: Tangkapan layar YouTube/ Vogue

Tiffany 'SNSD' mengaku mengidap skoliosis sejak usia 16 tahun. Memiliki kondisi tulang bengkok sempat membuat kariernya sebagai penyanyi terancam. Sebab dokter yang memeriksanya kala itu mengatakan dia tak bisa debut sebagai artis K-Pop.

Tapi skoliosis tak membuatnya patah semangat. Wanita 31 tahun ini tetap berjuang dan lihat dirinya sekarang. Kini dia menjadi salah satu artis K-Pop paling berpengaruh dan populer.

2. Shailene Woodley

HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 07:  Actress Shailene Woodley attends the premiere of HBO's Shailene Woodley. Foto: Frederick M. Brown/Getty Images

Seperti Jessica Mila, Chailene Woodley juga didiagnosa skoliosis sejak SMP, tepatnya ketika usianya 15 tahun. Kondisi tersebut membuat bintang film 'A Fault In Our Stars' ini harus pakai penjepit plastik selama dua tahun demi memperbaiki tulang bengkoknya.

3. Vanessa Williams

NEW YORK, NY - SEPTEMBER 09:  Vanessa Williams poses backstage for the Christian Siriano fashion show during New York Fashion Week: The Shows at Pier 59 on September 9, 2017 in New York City.  (Photo by Jamie McCarthy/Getty Images)Vanessa Williams. Foto: Jamie McCarthy/Getty Images

Skoliosis membuat Vanessa Williams harus melepas impiannya menjadi penari profesional. Tulang belakangnya bengkok cukup parah sehingga harus menjalani operasi untuk memperbaikinya.

Wanita 56 tahun ini juga harus menghindari aktivitas fisik berat selama satu tahun. Alih-alih jadi penari, Vanessa Williams kini sukses dengan karier akting dan menyanyi.

4. Martha Hunt

VENICE, ITALY - AUGUST 28:  Elsa Hosk walks the red carpet ahead of the Opening Ceremony and the Model Victoria's Secret Martha Hunt. Foto: Theo Wargo/Getty Images

Berprofesi sebagai model terkenal dan terpilih sebagai Victoria's Secret Angel, siapa sangka Martha Hunt pernah mengidap tulang punggung bengkok atau skoliosis. Martha Hunt juga seperti Jessica Mila yang didiagnosis saat SMP di usia 14 tahun.

Dia mengaku sempat malu karena bentuk tubuhnya tidak simetris. Martha pun harus operasi untuk membuat tulang punggungnya lebih lurus.

5. Putri Eugenie

WINDSOR, ENGLAND - OCTOBER 12:  The bride Princess Eugenie of York with her father Prince Andrew, Duke of York arrives by car for her Royal wedding to Mr. Jack Brooksbank at St. George's Chapel on October 12, 2018 in Windsor, England.  (Photo by Chris Jackson/Getty Images)Putri Eugenie saat menikah dengan Jack Brooksbank di Windsor, Inggris. Foto: Chris Jackson/Getty Images

Putri Eugenie harus operasi tulang punggung saat usia 12 tahun karena bengkok tulang punggung yang cukup parah. Bekas operasi masih terlihat di punggungnya dan Putri Eugenie memilih untuk tidak menutupinya di hari pernikahan.

Cucu Ratu Elizabeth II ini mengenakan gaun dengan model punggung terbuka, yang sengaja dipilih untuk memperlihatkan bekas operasi skoliosis. Tujuannya untuk menginspirasi orang lain agar tak pernah putus asa dengan keadaan dan mencintai diri sendiri.

6. Gracia Indri

Gracia Indri saat ditemui di studio Trans TV.Gracia Indri saat ditemui di studio Trans TV. Foto: Noel/detikFoto

Gracia Indri menderita skoliosis dengan kemiringan hingga 45 derajat. Kelainan tulang belakang ini salah satunya disebabkan karena dia sempat kegemukan, sehingga tulang punggung tak mampu menopang tubuhnya dengan sempurna.

Akibat kondisinya tersebut Gracia harus menghindari olahraga berat seperti angkat beban. Sehari-harinya dia lebih banyak melakukan olahraga dengan intensitas sdang seperti sepeda statis, body combat dan body pump.

7. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani saat ditemui di studio Trans TV.Nikita Mirzani saat ditemui di studio Trans TV. Foto: Palevi S/detikFoto

Skoliosis yang diidapnya membuat Nikita Mirzani mudah merasa lelah. Dia juga kerap kali merasa tidak nyaman karena kelainan tulang belakang tersebut.

Seperti Jessica Mila, dia mengandalkan olahraga untuk memperbaiki kondisi tulangnya. Nikita Mirzani memilih latihan pilates secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat.

(hst/hst)