9 Tahun Bertahan Hidup, Pasien Transplantasi Wajah Pertama AS Meninggal

Hestianingsih - wolipop Senin, 03 Agu 2020 06:00 WIB
Connie Culp, pasien transplantasi wajah pertama di Amerika Serikat meninggal dunia. Connie Culp, pasien transplantasi wajah pertama di Amerika Serikat meninggal dunia. Foto: Dok. CNN
Cleveland -

Connie Culp, pasien transplantasi wajah pertama di Amerika Serikat meninggal dunia. Ia meninggal pada usia 57 tahun.

Seperti diberitakan People, Connie Culp tutup usia Kamis (30/7/2020) malam. Hingga saat ini penyebab kematiannya belum diketahui.

Ucapan duka datang dari Klinik Cleveland, tempat di mana Connie Culp operasi transplantasi wajah pada 2008. Kabar kematian sang pasien 'face-off' ini pun dikonfirmasi pihak klinik.

"Kami bersedih atas kematian Connie Culp, pasien penerima transplantasi wajah pertama di Amerika Serikat. Dia merupakan inspirasi bagi kami semua di Klinik Cleveland," tulis klinik tersebut di Twitter.

Connie Culp, pasien transplantasi wajah pertama di Amerika Serikat meninggal dunia.Connie Culp, pasien transplantasi wajah pertama di Amerika Serikat meninggal dunia. Foto: Dok. CNN

Sosok Connie Culp juga mendapat pujian dan penghargaan dari Dr. Frank Papay, salah satu tim operasi yang menangani transplantasi wajahnya. Dia mengatakan bahwa wanita tersebut sangatlah pemberani dan bisa jadi inspirasi banyak orang.

"Kekuatannya adalah bukti bahwa dia telah menjadi pasien transplantasi wajah yang bertahan hidup paling lama. Dia seorang pionir hebat dan keputusannya menjalani keputusan yang terkadang menakutkan ini adalah berkah untuk semua manusia," katanya.



Connie Culp menjadi korban kebrutalan suaminya sendiri, Thomas Culp. Pada 2004, Thomas menembakkan peluru ke wajahnya dari jarak dekat, sehingga menyebabkan kerusakan parah. Atas perbuatannya Thomas dihukum penjara selama tujuh tahun.

Wajahnya yang rusak parah membuat Connie Culp menjalani 30 kali operasi dan akhirnya transplantasi wajah. Dia menjadi orang pertama dan termasuk satu dari hanya empat pasien di dunia yang mendapat transplantasi wajah nyaris seluruhnya.

Connie Culp menjalani operasi face-off selama 22 jam. Sebanyak delapan dokter bedah plastik bahu membahu mengangkat 80 persen bagian wajahnya dan membuatkan hidung, bibir bagian atas, lidah dan gigi depan baru dari pendonor yang sama. Dokter juga membuat mata kiri prostetik untuknya.

Connie Culp resmi hidup dengan wajah barunya pada 2011. Dia mengatakan merasa lebih kuat dan positif berkat penampilan barunya itu.

Pascaoperasi, Connie Culp bercerai dan aktif menyuarakan pentingnya kepedulian terhadap para korban KDRT. Sejak menjadi pionir, sudah ada 40 operasi transplantasi wajah lain yang dilakukan di berbagai dunia. Termasuk tiga di antaranya di Klinik Cleveland, tempat Connie menjalani operasi.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)