3 Kontroversi Arnold Putra, Terbaru Baju Pemuda Pancasila di Pekan Mode Paris

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 25 Jan 2022 15:57 WIB
Arnold Putra Arnold Putra, desainer yang jadi kontroversi setelah pakai baju mirip seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week. (Foto: Instagram/@arnoldputra)
Paris -

Nama Arnold Putra mendadak jadi obrolan hangat warganet di jagat maya. Penyebabnya, busananya di Paris Fashion Week disebut mirip seragam Pemuda Pancasila.

Penampilan tersebut lantas berujung kontroversi setelah warganet mengkritik gaya Arnold dan mengaitkannya dengan Pemuda Pancasila yang disebut sebagai organisasi di balik aksi genosida yang terjadi pada era 1960-an.

Ini bukan kali pertamanya Arnold Putra dihujat. Berikut beberapa aksi Arnold yang menimbulkan cibiran masyarakat Indonesia.

1. Tas dari Tulang Manusia

Arnold PutraTas dari tulang belakang manusia yang dibuat Arnold Putra. (Foto: Instagram/@arnoldputra)

Tak banyak yang tahu bila Arnold Putra berprofesi sebagai desainer sampai akhirnya sebuah karyanya yang berupa tas menjadi viral.

Pada April 2020, situs Insider memberitakan tentang tas tangan rancangan Arnold yang terbuat dari kombinasi material lidah buaya dan tulang belakang manusia. Kala itu, tas yang pertama kali dirilis pada 2016 tersebut berharga US$ 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 71 juta .

"Bagian gagang terbuat dari tulang belakang anak kecil yang menderita osteoporosis," demikian keterangan di foto tas tersebut yang diunggah di akun @arnoldputra pada 25 September 2016.

Netizen pun dibuat geram, lalu menghujat desainer yang berbasis di Los Angeles itu. "Tega banget gila" kicau seorang pengguna Twitter. Ada pula yang menulis, "Saya sangat berharap seseorang bisa membuat tas dari tulang punggung Anda."

Arnold Putra berdalih, tulang belakang bersumber medis dari Kanada yang dibelinya secara resmi. Menurutnya, bukan hal yang tidak mungkin untuk membeli tulang dari perusahaan berlisensi yang menerima spesimen manusia yang disumbangkan untuk obat-obatan.

2. 'Giveaway' Barang Palsu


Arnold Putra pernah dituduh memberikan barang palsu kepada orang-orang suku pedalaman untuk mengeksploitasi artefak.


"Arnold Putra adalah iblis yang suka pamer kebaikan memberikan barang branded palsu kepada orang-orang pedalaman demi mendapatkan tulang manusia dan barang berharga lainnya dari suku mereka," tulis akun bernama @superiorgrab pada Maret 2020.

Kicauan tersebut juga disertai foto-foto Arnold Putra berkunjung dan menemui masyarakat dan kepala adat di berbagai negara. Tidak ketinggalan foto mereka memakai jam tangan 'mewah' pemberian Arnold.



3. Baju Pemuda Pancasila

Arnold Putra Pakai Seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion WeekArnold Putra Pakai Seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week (Foto: Twitter)

Beredar di media sosial, foto-foto Arnold Putra mengenakan semacam jaket loreng-loreng kemerahan dan celana cargo senada. Busananya disebut mirip seragam Pemuda Pancasila.

Sebuah foto memperlihatkan pakaian itu menemani Arnold Putra saat berbincang dengan desainer 'gothic' Amerika Serikat Rick Owen dan istrinya, Michele 'Lamyland' Lamy. Rick terlihat sangat tertarik pada busana Arnold.


"Arnold Putra, desainer fashion Indonesia, memakai seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022. Pemuda Pancasila adalah organisasi semimiliter sayap kanan-jauh yang terlibat di genosida 1965-66. Sebelumnya, Arnold pernah dikritik karena membuat tas dari tulang belakang manusia," tulis akun Twitter @sandhatu mengkritik penampilan Arnold.

Menurutnya, gaya Arnold perlu dibahas karena mencerminkan sebuah aksi kekejian dan bobroknya penanganan masalah hak asasi manusia di Indonesia. "Kenapa dia diperbolehkan memakai busana tersebut dan bebas berkeliaran di pekan mode?" tulisnya.

Ia juga menyertakan tautan film dokumenter 'Jagal' ('The Act of Killing') dan 'Senyap' yang menyoroti pembantaian ribuan orang yang dituduh sebagai anggota serta simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) sepanjang tahun 1965. Film ini juga memperlihatkan eksekusi massal yang keji dan brutal yang dilakukan sejumlah orang pada 1965-1966.

"Ungkit masalah ini supaya Diet Prada bahas di Instagram. Astaga, pria ini tidak punya malu," kicau netizen lainnya.



Simak Video "Heboh Desainer Indonesia Arnold Putra Diduga Pesan Organ Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)