Desainer Arnold Putra Pakai Baju Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week, Jadi Kontroversi

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 25 Jan 2022 11:36 WIB
Arnold Putra Pakai Seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week Penmpilan Arnold Putra di Paris Fashion Week. (Foto: Twitter)
Paris -

Atas nama fashion, orang bebas mengekspresikan diri lewat gaya busana. Namun terkadang, saking bebasnya pilihan busana tersebut malah berujung kontroversi. Inilah yang dialami oleh desainer sekaligus selebgram Arnold Putra baru-baru ini.

Nama Arnold Putra ramai diperbincangkan di jagat maya setelah kemunculannya di Paris Fashion Week. Saat ini, kota Paris, Prancis, memang sedang menjadi tuan rumah sejumlah perhelatan mode terakbar, mulai dari pekan mode khusus RTW (ready to wear) atau busana siap pakai untuk pria, lalu adibusana (haute couture), dan RTW busana wanita musim dingin 2022-2023 sebagai penutup.

Pada Senin (24/1/2022), ia menguggah rentetan Instagram Story yang memperlihatkan model lalu-lalang memeragakan koleksi Schiaparelli di catwalk. Acara tersebut dihadiri sejumlah selebriti dunia, seperti Kanye West dan kekasih barunya, Julia Fox. Di sebuah unggahan bahkan terlihat Arnold Putra sedang asyik berpesta dengan Kanye West dan rapper P Power.

Namun, bukan itu yang menjadi sorotan warganet melainkan salah satu look Arnold Putra di Paris Fashion Week.

[Gambas:Instagram]



Beredar di media sosial, foto-foto Arnold Putra mengenakan semacam jaket loreng-loreng kemerahan dan celana cargo senada. Busananya disebut mirip seragam Pemuda Pancasila.

Sebuah foto memperlihatkan pakaian itu menemani Arnold Putra saat berbincang dengan desainer 'gothic' Amerika Serikat Rick Owen dan istrinya, Michele 'Lamyland' Lamy. Rick terlihat sangat tertarik pada busana Arnold.

"Arnold Putra, desainer fashion Indonesia, memakai seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022. Pemuda Pancasila adalah organisasi semimiliter sayap kanan-jauh yang terlibat di genosida 1965-66. Sebelumnya, Arnold pernah dikritik karena membuat tas dari tulang belakang manusia," tulis akun Twitter @sandhatu mengkritik penampilan Arnold.

Menurutnya, gaya Arnold perlu dibahas karena mencerminkan sebuah aksi kekejian dan bobroknya penanganan masalah hak asasi manusia di Indonesia. "Kenapa dia diperbolehkan memakai busana tersebut dan bebas berkeliaran di pekan mode?" tulisnya.

Ia juga menyertakan tautan film dokumenter 'Jagal' ('The Act of Killing') dan 'Senyap' yang menyoroti pembantaian ribuan orang yang dituduh sebagai anggota serta simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) sepanjang tahun 1965. Film ini juga memperlihatkan eksekusi massal yang keji dan brutal yang dilakukan sejumlah orang pada 1965-1966.

"Ungkit masalah ini supaya Diet Prada bahas di Instagram. Astaga, pria ini tidak punya malu," kicau netizen lainnya.

Sementara itu, Ketua Satuan Pelajar-Mahasiswa Pemuda Pancasila Aulia Arief mengapresiasi Arnold Putra. Menurutnya, dengan memakai seragam PP di Paris Fashion Week, Arnold Putra sudah membawa ideologi Pancasila mendunia.

"Dengan dia memakai seragam Pemuda Pancasila, Arnold telah membawa ideologi Pancasila mendunia," kata Arief dalam keterangan tertulis seperti dikutip detikNews, Senin (24/1/2022).

Dia ingin mengundang Arnold Putra berkunjung ke kantor PP di Jakarta setelah gelaran Paris Fashion Week berakhir. Arief ingin mengajak Arnold Putra berdiskusi.

Wolipop sudah menghubungi arnold putra terkait gayanya di paris fashion week, namun yang bersangkutan belum memberikan balasan



Simak Video "Heboh Desainer Indonesia Arnold Putra Diduga Pesan Organ Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya