Kontroversi Gaya Anggota DPR di MET Gala 2021, Diduga Langgar Kode Etik

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 15 Sep 2021 12:03 WIB
Foto: Instagram/@aurorajames Foto: Instagram/@aurorajames
New York City -

Selain para selebriti dunia dan pesohor fashion, perhelatan MET Gala 2021 di New York City, AS, Senin (13/9/2021), juga dihadiri tokoh politik Amerika Serikat seperti Alexandria Ocasio-Cortez. Kehadirannya pun tak luput dari pro dan kontra.

AOC, begitu panggilan akrabnya, membuat sebuah pernyataan fashion dalam balutan gaun putih bersiluet duyung karya desainer Aurora James. Pada bagian belakang tersebut dihiasi tulisan berwarna merah yang berbunyi 'TAX THE RICH' atau kenakan pajak untuk orang kaya.



Gaya anggota DPR AS dari Partai Demokrat itu lantas memicu kontroversi. Lawan politiknya dari kubu Republikan menyebut AOC munafik karena pesan pada busana tersebut kontras dengan ingar-bingar serta kemewahan perhalatan yang harga satu tiketnya bisa mencapai US$ 30 ribu atau Rp 427 juta itu.

"Dia mau tagih pajak orang kaya tapi dia meluangkan waktu di tengah jadwal sibuknya untuk berpesta dengan para elite Hollywood dan NY yang rela bayar US$ 30 ribu demi #METGala," kicau Rick Scott, senator dari Florida.

[Gambas:Instagram]



Kritikan lain juga datang dari Jeanette Nunez, politikus Republikan. Ia menulis di Twitter, "Hanya di Amerika ada seorang yang mengklaim diri sosialis Demokrat memakai gaun 'pajaki orang kaya' seharga US$ 10 ribu dan membayar tiket US$ 30 ribu, lalu dipuji sebagai pahlawan orang miskin."

Kehadiran AOC di acara penggalangan dana sekaligus pembukaan pameran fashion bertajuk "In America: A Lexicon of Fashion" di Metropolitan Museum of Art itu dipermasalahkan pula oleh American Accountability Foundation (AAF).

Selanjutnya
Halaman
1 2