Asal-usul Singlet, Baju Andalan Jokowi saat Suntik Vaksin Kedua

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 27 Jan 2021 14:16 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 pada Rabu, 27 Januari 2021, di sisi barat halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta. Dua minggu lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021, Presiden menjadi orang pertama yang menerima suntikan dosis vaksin dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia. Gaya Presiden Joko Widodo pakai singlet saat vaksinasi kedua. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ada pemandangan menarik saat Presiden Joko Widodo disuntik vaksin virus Corona untuk kedua kalinya, Rabu (27/1/2021). Alih-alih berkemeja formal seperti saat vaksinasi pertama dua pekan lalu, kali ini Jokowi mengenakan kaus dalam tanpa lengan yang dibungkus jaket merah.

Disaksikan jutaan pasang mata, 'dalaman' Jokowi terekspos ketika dokter kepresidenan Profesor Abdul Muthalib hendak menyuntikkan vaksin Sinovac di lengan kiri orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 pada Rabu, 27 Januari 2021, di sisi barat halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta. Dua minggu lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021, Presiden menjadi orang pertama yang menerima suntikan dosis vaksin dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia.Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 pada Rabu, 27 Januari 2021, di sisi barat halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta. Dua minggu lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021, Presiden menjadi orang pertama yang menerima suntikan dosis vaksin dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Melihat Jokowi bergaya kasual dengan kaus oblong tentu bukan hal yang aneh lagi. Namun, lain cerita ketika Jokowi memakai kaus dalam dan memperlihatkannya di hadapan publik.

Tentu ada alasan tersendiri kenapa Jokowi memakai pakaian tersebut saat vaksinasi kedua ini. "Untuk kemudahan saat vaksin, sehingga tidak perlu melipat baju sampai atas," ungkap Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin seperti dikutip detiknews.

Fakta bahwa Jokowi juga memakainya membutikan bahwa pakaian ini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia, khususnya kaum pria.

Tak diketahui secara pasti sejak kapan pria Indonesia mulai memakai baju yang juga dikenal dengan sebutan singlet ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 pada Rabu, 27 Januari 2021, di sisi barat halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta. Dua minggu lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021, Presiden menjadi orang pertama yang menerima suntikan dosis vaksin dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, kata singlet diartikan sebagai 'baju dalam laki-laki, tidak berlengan dan tidak berleher'. Bahasa Inggris rupanya juga memiliki kata 'singlet' yang artinya tak jauh berbeda. Namun, singlet lebih lumrah dipakai oleh orang Inggris, ketimbang orang Amerika.

Dari persamaan kata tersebut, ada kemungkinan baju ini eksis di Indonesia karena pengaruh dari budaya barat. Bisa jadi dibawa saat masa penjajahan.

Selain singlet, masyarakat Indonesia juga mengenal baju kutang. Namun, kutang sebenarnya merupakan kata lain dari baju dalam wanita. Mengacu lagi ke KBBI, kutang adalah 'pakaian dalam wanita untuk menutupi payudara'.

(dtg/dtg)