Jaket Biru Menteri Baru Jokowi Jadi Viral, Inikah Mereknya?

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 23 Des 2020 13:19 WIB
Tri Rismaharini (Risma) saat perkenalan calon menteri (Biro Pers Setpres) Tri Rismaharini saat perkenalan calon menteri (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Selain formasi para menteri baru di Kabinet Indonesia Maju versi reshuffle pilihan Presiden Joko Widodo, atensi juga tertuju pada jaket biru yang menemani penampilan mereka. Netizen pun menebak-nebak merek jaket tersebut.

Mereka kompak mengenakan jaket tersebut saat Presiden Jokowi mengumumkan nama-nama para menteri baru di di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020). Mereka yang terpilih terdiri dari Tri Rismaharini (menjabat Menteri Sosial), Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan), Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama) dan Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan).

Jaket biru tersebut melengkapi gaya para menteri baru yang seragam memakai kemeja putih dan celana panjang hitam. Tri Rismaharini yang satu-satunya perempuan di kelompok tersebut memakai setelan yang sama.

"Jaketnya dikasih tadi dan kayaknya pas sudah diukur sesuai dengan badan saya. (Jaket) saya sama ukurannya dengan Bu Risma haha," kata Sandiaga Uno saat mengomentari jaket tersebut di rumah ibunya, di Jalan Galuh II, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2020).

Sandiaga Uno di Istana NegaraSandiaga Uno di Istana Negara (Foto: Setpres)

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin, pemilihan jaket tersebut memiliki filosofi tersendiri.

"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya, setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja," kata Bey.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Ma'ruf untuk Kabinet Indonesia Maju.Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Ma'ruf untuk Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Namun, Bey tak mengungkap merek jaket tersebut sehingga meninggalkan misteri di dunia maya. Sejak pemerintahan Presiden Jokowi, warganet memang kerap terobsesi dengan segala pakaian yang dipakai orang nomor satu di Indonesia beserta para menterinya. Rasa penasaran itu biasa dimanfaatkan Jokowi untuk mendompleng produk-produk lokal, khususnya buatan UMKM.

Di media sosial, viral dibahas bahwa para menteri baru Jokowi memakai jaket keluaran Uniqlo."Ooo ini jaketnya yang lagi viral?" tulis seorang netizen mengomentari sebuah unggahan di Instagram Uniqlo Indonesia. Ada pula yang menulis, "Pake jaket ini auto jadi menteri gak? Hehe #jaketmenteri."

Dihubungi Wolipop, Rabu (23/12/2020), pihak Uniqlo tidak mengonfirmasi apakah jaket yang dipakai mereka dari merek fast fashion asal Jepang itu.

Namun pada rilis yang dikirimkan Uniqlo, jaket tersebut dikatakan mirip dengan item Jaket Parka Saku UV Protection. Jaket multifungsi dengan fitur UV Protection dan material water repellent ini diklaim dapat melindungi tubuh dari segala musim. Terdapat pula lapisan anti air agar tak kebasahan saat hujan. Item yang mirip dengan jaket biru menteri baru Jokowi ini dijual seharga Rp 399 ribu.

[Gambas:Instagram]



(dtg/dtg)