TikTok Viral Verificator

Viral #manusiatanpacicilan, PNS Ini Ngaku Beli Rumah hingga Mobil Cash

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 24 Apr 2022 04:00 WIB
PNS viral di media sosial, manusia tanpa cicilan utang. Unggahan viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @bang_faik.
Jakarta -

Pria ini mendadak jadi perhatian warganet karena mengaku tidak mempunyai utang. Menggunakan hashtag #manusiatanpacicilan, sang pria mengaku membeli motor, mobil dan rumah secara tunai atau cash.

Pria yang viral itu membagikan pengalamannya lewat akun TikTok @bang_faik. Pria tersebut bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama 12 tahun di Kementerian Keuangan.

"Pencapaianku PNS Kemenkeu selama 12 tahun. Honda beat (cash), Avanza 2010 (cash), rumah tipe 36 (cash), utang? Tidak ada #manusiatanpacicilan," tulis akun TikTok @bang_faik.

Dalam video yang berdurasi 21 detik itu ia memperlihatkan motor, mobil hingga rumah yang dibelinya tanpa cicilan alias dibayar tunai. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 563 ribu Views dan mendapatkan beragam komentar.

"MasyaAllah, hebat Pak.... saya tahu PNS jujur banyak musuhnya😂😂😂," ucap pengguna TikTok @ThePrime.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, maaf banget, ternyata pns kemenkeu cuma dapet kayak gitu? Kirain bisa beli hrv sama rumah di Bintaro coret😳," nyinyir akun @W. N. Putri.

"Yang jadi istri berarti keren, bisa mengatur keuangan bang. Mesti banyak-banyak berterimakasih sama istri🥰🥰mantap👍👍👍," puji akun @Sari Theraskin.

"Alhamdulillah.. pingin hidup tanpa hutang.. semoga bisa," kata akun @meymey.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Fajar sidik atau biasa dipanggil bang Faik yang mengunggah video viral dengan hashtag #manusiatanpacicilan. Ia menceritakan alasan membuat video tersebut.

Foto Fajar dan istri.Foto Fajar dan istri yang viral karena video TikTok #manusiatanpacicilan. Foto: Dok. pribadi @Fajar Sidik.

"Video TikTok yang saya buat tentang memberikan perspektif lain pada ASN yang saat itu ramai merinci pencapaian kehidupannya seperti rumah dan kendaraan. Namun di akhir video menampilkan utang bank (semua didapat dari utang)," kata Faik kepada Wolipop lewat WhatsApp, Sabtu (23/4/2022).

Pria yang berusia 38 tahun itu membenarkan jika membeli rumah hingga mobil dengan pembayaran secara tunai dan tidak menyicil.

"Ya Insya Allah. Semua dibeli dengan cash. Alhamdulillah banyak kemudahan. Mobil Avanza bekas tahun 2010 dibeli Rp 85 juta cash, rumah tipe 36 (bekas) dengan harga Rp 160 juta juga cash. Semua memang butuh pengorbanan. Kita perlu memilih dan memilah prioritas kehidupan kita," ucap Faik.

Bagaimana perjuangan Faik hingga bisa menjadi #manusiatanpacicilan alias tidak memiliki utang? Simak cerita selanjutnya di Wolipop.


Saksikan juga: Soraya Cassandra, Hijaukan Secuil Lahan di Tanah Urban

[Gambas:Video 20detik]



(gaf/eny)