Viral Verificator

Viral Aksi Teman Lancang, Nekat Pinjam BPKB Mobil Buat Bayar Utang

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 12 Apr 2022 08:00 WIB
Man writing text message on his mobile phone and other man spying him and being caught while spying - concept of spying, jealous on friends Pria ini mengunggah temannya ingin pinjam bpkb mobil miliknya sebagai jaminan utang. Foto: Dok. Twitter @tradingforlyf.
Jakarta -

Terdesak untuk membayar utang, pria ini viral nekat meminjam Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP) milik temannya sendiri. Kenekatan pria tersebut viral setelah diunggah oleh akun Twitter @tradingforlyf.

Pemilik akun Twitter @tradingforlyf yang diketahui bernama Fajri mengaku tak habis pikir temannya ingin meminjam BPKB mobil miliknya sebagai jaminan utang. Ia lalu membagikan tangkapan layar percakapan melalui WhatsApp di mana temannya ingin meminjam BPKB mobil.

"27 tahun gw idup, baru nemu temen selancang ini. Minjemnya bukan duit tapi BPKB mobil," tulis akun Twitter @tradingforlyf.

"Assalamualaikum Fajri, maaf banget kalau gue lancang ngomongnya, gua mau minta tolong mau pinjem BPKB mobil lu, kemarin udah sempet ngomong ke... juga, gua lagi kepepet banget buat bayar utang, kalau boleh minta tolong pinjem BPKB mobil lu dulu buat di sekolahin. Tapi pakai atas nama gua kok minjemnya di ****, insya allah pembayaran gua selama ini selalu ontime, udah dua kali soalnya," tulis pria yang mencoba meyakinkan akun Twitter @tradingforlyf (10/4/2022).

Pria tersebut berjanji akan membayar pajak mobil akun Twitter @tradingforlyf. Ia juga mengungkapkan alasan mengirim pesan lewat WhatsApp bukan berbicara langsung.

"Jadi cuma minjam BPKB mobilnya doang. Nanti pajak mobilnya biar gua yang bayarin selama gua masih ada cicilan. Insya Allah gua amanah jri. Sebenarnya pengen ngomong langsung tapi takut lunya sibuk," lanjut pria yang namanya dirahasiakan.

Akun Twitter @tradingforlyf mengaku dirinya tidak terlalu akrab dengan pria yang ingin meminjam BPKB mobil miliknya sebagai jaminan utang. Oleh karena itulah dia tidak habis pikir ada orang senekat itu demi membayar utang.

"Iya minjemnya pake nama lu, tapi barang gua dlrienfismelfkehe. Wkwkw kalo ga puasa udh keluar ini kata2 mutiara 😭Entah ini orang kepepet utang berapa sampe berani ngomong gini ke gw yang bahkan ga deket-deket amat sebagai temen. Broo we just friend. Dont cross the line. 🤣🤣🤣Gw sampe ngecek tanggal. Ini bukan 1 april kan? April mop udah lewat kan? 🤣," kaget akun Twitter @tradingforlyf.

Unggahan tersebut sudah mendapatkan 44,7 ribu Likes dan 9,301 Retweets. Warganet ada yang cerita pengalaman serupa orang yang minjam uang tapi tidak dibayar.

"Emang bisa ya minjem duit atas nama kita tapi jaminan BPKB punya orang lain??" tanya pengguna Twitter @asdartaa.

"Masalah perutangan teman ini agak gimana ya. Ditagih ngga bayar-bayar, diikhlasin sayang. Mending kasih semampunya kita terus jangan ngarep balik dah. Yang sudah-sudah alesannya banyak banget buat balikin duit," kata @imeeeemm.

"Tips 1: Jangan pernah meminjamkan barang/surat berharga pada orang yang berani menyebut dirinya sendiri orang yang Amanah. Tips 2: Jangan pernah meminjam barang/surat berharga pada orang yg suka spil di sosmed :)," saran akun @Purwit.

"Jangankan temen yang ga deket-deket amat. Ipar yang minjem bpkb aja motor gue bablas. Mana gue ga tahu karena bpkb disimpen ibu. Tau-tau ada DC ke kantor narik motor gw karena nunggak 6 bulan. Bengong, bingung dan kaget deh gue😫," curhat akun @Bararabay.

"Saudara dari ibu malah minjem sertifikat rumah pak, gara-gara pas dipinjemi bpkb mobilku dapetnya kurang, itu selepas 5 bulan bapak ngga ada, langsung aku maki-maki tuh. Kenapa sih orang kadang ngga ada otak, ngawur banget nyali mereka," emosi akun @nilawardanii.

"Zaman kuliah gue pernah minjemin temen kayak gini, orangnya pulang kampung ke Kalimantan ngga ada kabar.. 😁," curhat akun @fajarnugros.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Muhamad Fajri, sebagai pemilik akun Twitter @tradingforlyf. Fajri mengaku menerima pesan dari teman kerjanya yang ingin meminjam BPKB mobilnya untuk membayar utang pada Minggu pagi (10/4/2022).

Pria yang tinggal di Jakarta itu menceritakan temannya tersebut sebelumnya tidak pernah utang kepada dirinya. Dia pun kaget saat mendapatkan pesan WhatsApp dari sang teman.

"Baru kali ini (pinjam BPKB) dan aku syok membacanya. Aku karena mobil itu hasil jerih payah saya bekerja selama ini," kata Fajri saat dihubungi oleh Wolipop lewat pesan singkat, Senin (11/4/2022).

Fajri saat itu langsung membalas pesan dari teman yang ingin meminjam BPKB mobil miliknya sebagai jaminan utang. "Aku bilang, mohon maaf sekali dengan banyak pertimbangan aku gak bisa minjemin BPKB, semoga masalahnya cepat dapat jalan keluar," balas Fajri.

Unggahannya viral di media sosial, Fajri memberikan reaksinya. "Kaget, tidak menyangka, takut juga teman yang meminjam tersebut membaca, tapi sebagai pembelajaran juga kalau kita nggak boleh berlebihan meminta tolong ke orang," tuturnya.

Di akhir wawancara, pria 27 tahun itu menyebutkan agar warganet menjauhi utang. "Kalau bisa jauhi utang, minta bantuan ke orang lain atau saudara dengan sewajarnya, meskipun susah jangan sampai membuat orang lain susah juga. Bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan," pungkasnya.

(gaf/eny)