Cerita Viral Manajer Uji Pelamar Lewat Resepsionis, Patut Jadi Pelajaran!

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 24 Nov 2020 07:30 WIB
Businesswoman Interviewing Male Candidate For Job Holding Pen With Digital Tablet On Table Foto: Thinkstock
Jakarta -

Setiap pelamar mungkin akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar terlihat potensial di ruang wawancara. Tapi yang sering dilupakan adalah sesi wawancara sebenarnya telah dimulai sesaat setelah kamu menginjakkan kaki di gedung perusahaan. Seorang pelamar disarankan agar tidak terlalu gugup hingga melupakan hal tersebut. Cerita mengenai pelamar yang langsung ditolak ketika diuji manajer yang berpura-pura menjadi resepsionis ini pun patut dijadikan pelajaran jika kamu sedang cari kerja.

Seorang netizen membagikan insiden yang terjadi pada seorang pelamar kerja di Reddit. Dikatakan jika orang tersebut mengacaukan kesempatannya untuk dapat kerja hanya dalam waktu lima menit setelah memasuki gedung perusahaan. Postingan tersebut jadi viral karena mengingatkan orang dan calon pelamar tentang pentingnya memperlakukan semua orang dengan baik.

"Hari ini, seorang kandidat (kerja) mengacaukan wawancara dalam lima menit pertama dia memasuki gedung. Dia bersikap meremehkan pada resepsionis. Saat resepsionis menyapanya dia tidak melihat mata. Wanita itu mencoba untuk mengobrol tapi lagi-lagi tidak ada kontak mata, tidak ada ketertarikan untuk bicara dengan dia,"

"Apa yang kandidat itu tidak sadar adalah resepsionisnya adalah manajer yang akan merekrut. Dia memanggilnya lagi ke ruang konferensi dan menjelaskan bagaimana setiap orang dalam tim berharga dan berhak dihargai. Karena interaksinya dengan resepsionis ini, manajer yang merekrut menganggap dia tidak pantas (diterima kerja)," tulis pemilik akun u/sawta2112.

Dikatakan jika manajer wanita itu langsung memutuskan sesi wawancara mereka dan meminta si pelamar untuk bersikap baik pada semua orang. Bukan hanya karena kontak mata, orang tersebut dianggap telah bersikap kasar dan merendahkan orang dengan posisi yang tidak lebih tinggi darinya.

"Ketika dia merasa berbicara dengan pengambil keputusan, kepribadiannya benar-benar berubah. Tiba-tiba saja dia menjadi ramah, terbuka, dan relaks. Jadi aku tidak berpikir itu karena kecemasan sosial. Posisi (yang dilamar) adalah posisi untuk berhadapan dengan klien di mana bersikap hangat, mudah didekati, dan ramah sangat penting," tulis pengguna Reddit itu.

Mengungkap cerita soal wawancara kerja yang tak terduga, postingan itu pun jadi perbincangan. Hingga kini postingan itu sudah dikomentari lebih dari 2,400 kali.

Sebelumnya viral mengenai chat pelamar kepada perekrut kerja yang dianggap kurang etika. Bukan hanya pada pengambil keputusan saja, sikap hormat dan profesional juga perlu diterapkan pada orang-orang sekitar di mana kamu bekerja. Jika ingin diterima, diharapkan juga jika pelamar bisa menampilkan kepribadian yang tulus dan tertarik pada pekerjaan untuk menunjukkan kamu memang potensial.

(ami/ami)