Studi Menunjukkan, Masturbasi Bisa Bantu Redakan Nyeri Haid Pada Wanita

Hestianingsih - wolipop Rabu, 03 Mar 2021 05:30 WIB
ilustrasi masturbasi Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Nyeri dan kram perut saat menstruasi dialami banyak wanita setiap bulannya. Meskipun sifatnya rutin, tetap saja sakit perut karena menstruasi mengganggu kenyamanan serta aktivitas wanita sehari-hari.

Tak hanya nyeri haid, sakit kepala hingga demam juga kerap dirasakan sebagian wanita kala datang bulan. Maka dari itu tidak sedikit wanita mengonsumsi obat penghilang sakit demi meredakan rasa tidak nyaman.

Minum obat pereda nyeri memang disarankan jika keluhan menjelang atau saat menstruasi sudah tak tertahankan. Tapi ternyata ada cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi nyeri haid, yakni dengan masturbasi.

Lunette brand menstrual cup bekerjasama dengan Womanizer, sebuah merek sex toys, melakukan eksperimen untuk menemukan cara efektif menghilangkan nyeri haid tanpa obat. Mereka melakukan percobaan selama lebih dari enam bulan kepada sejumlah partisipan.

Partisipan wanita diminta mengganti metode konvensional mengonsumsi obat dan dengan masturbasi saat mengalami nyeri haid. Pada akhir masa percobaan, 90 persen partisipan setuju bahwa masturbasi bisa meredakan rasa sakit saat menstruasi. Mereka pun akan merekomendasikan metode ini ke wanita lain yang mengalami masalah serupa.

Namun sebagian partisipan masih ragu apakah masturbasi merupakan cara yang lebih efektif ketimbang minum obat. Hanya 42 persen yang menyatakan masturbasi efektif, sedangkan 43 persen memilih tetap konsumsi obat pereda nyeri. Sementara 15 persen menyukai kombinasi dua metode tersebut.

"Kita tahu bahwa masturbasi bisa memiliki efek positif pada kesehatan secara keseluruhan karena beberapa alasan. Saat orgasme, hormon dopamin dilepaskan oleh tubuh yang akan mengaktifkan rasa bahagia," jelas Dr Naomi Sutton, seorang konsultan kesehatan seksual, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Saat orgasme, aliran darah mengalir lebih lancar ke area genital dan organ reproduksi. Dengan begitu bisa membantu meredakan nyeri haid yang diderita.

Perlu diingat bahwa area vagina cenderung lebih rentan terpapar bakteri dan kuman saat menstruasi karena kondisinya lembap. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan jika ingin mencoba masturbasi di masa haid. Cuci tangan dengan bersih menggunakan air dan sabun sebelum masturbasi. Jika menggunakan alat bantu atau sex toys, pastikan sudah dalam keadaan bersih.

(hst/hst)