ADVERTISEMENT

Viral Selebgram Pakai Darah Haid untuk Masker Wajah Hingga Siram Tanaman

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 26 Des 2022 12:45 WIB
Riley Ayn, selebgram yang pakai darah menstruasi untuk masker wajah Foto: TikTok
Jakarta -

Selebgram Riley Ayn baru-baru ini membeberkan rutinitas bulanannya yang membuat netizen terkejut. Bukan cara untuk mengatasi kram perut atau melancarkan menstruasi, ia malah membagikan 'manfaat' darah haid. Daripada dibuang, wanita yang dikenal dengan konten spiritualnya itu menggunakannya untuk masker wajah.

Masker wajah menggunakan darah menstruasimemang bukan hal yang baru. Banyak wanita mengaku mendapat manfaat kecantikan dari 'tamu' bulanannya. Kepada lebih dari 27 ribu follower-nya di TikTok, Riley pun menjelaskan ritual kontroversialnya itu.

"Ini yang kulakukan dengan darah menstruasi, aku banyak mendapat komentar orang-orang yang penasaran dengan apa lagi yang aku lakukan dengan itu jadi inilah. Pertama, kita semua sudah tahu, aku menyiramnya untuk tanamanku. Aku mencampurnya dengan air, aku siramkan, tanamanku menyukainya," kata Riley.

"Hal lain yang aku sangat ingin orang tahu adalah ya untuk skincare. Beberapa orang akan takut, sejujurnya kamu boleh takut, aku memakainya sebagai masker wajah," jelasnya.

Selain itu, menurutnya darah menstruasi punya manfaat lain untuk menyembuhkan luka. "Kadang-kadang aku memakaikannya pada tato baru agar cepat sembuh. Kamu bisa menaruhnya di luka, kamu bisa menaruhnya pada luka sobek karena ada stem cell (stem cell mesenchymal) yang bagus untuk pemulihan dan regenerasi dan membuat kulit cantik," ujar Riley.

@inbodiedsoul

Tak sampai di situ, Riley bahkan juga menyarankan untuk kesenian dan sebagai 'mata ketiga'. "Hal lain yang bisa kamu lakukannya adalah membuat lukisan,"

"Hal lain lagi yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak ingin menaruhnya ke seluruh wajah adalah kamu bisa pakai sedikit dan memakaikan sebagai mata ke tiga di tengah dahi. Aku belajar ini dari mentorku dan dia bilang ini cara yang bagus untuk mengingat bahwa kamu sedang mengeluarkan darah karena kadang kita mencuci piring dan melakukan ini dan itu dan melihat ke cermin dan mengingat bahwa kamu sedang berdarah," ujar Riley.

Cara Riley memanfaatkan darah menstruasi untuk menyiram tanaman hingga masker wajah pun menuai perdebatan. Banyak wanita yang terkejut dan jijik tapi tak sedikit pula yang mengaku tertarik ingin mencoba. Meski tampaknya tak berbahaya, metode yang terinspirasi perawatan PRP itu sendiri tidak disarankan ahli kecantikan.

"Aku tidak menyarankan hal ini. Teknik ini sebenarnya bisa dibuktikan secara medis tapi ingat tidak ada bukti sains atau klinis yang mengatakan memakai darah ke wajah bisa bermanfaat untuk kecantikan," kata Cigdem Kemal Yilmaz yang seorang Chemical Engineer dilansir Daily Star.

(ami/ami)