ADVERTISEMENT

Studi: Makan Cokelat Bisa Atasi Sakit Perut dan Stres karena Menstruasi

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Rabu, 19 Okt 2022 12:30 WIB
Woman enjoying eating chocolate in the night sitting on a couch in the living room at home Foto: iStock
Jakarta -

Umumnya wanita mengalami nyeri hingga kram pada hari pertama menstruasi. Rasa tidak nyaman seperti kembung, badan pegal-pegal juga kerap dirasakan sebagian wanita.

Sakit dan rasa tidak nyaman akibat menstruasi ternyata bisa diatasi dengan cara yang mudah. Konsumsi satu atau dua keping dark chocolate diyakini bisa meredakan nyeri di hari-hari pertama menstruasi.

Para ilmuwan di Turki mengungkap hormon endorphin yang dilepaskan tubuh setelah makan cokelat bisa membantu mengurangi rasa sakit dan berfungsi sebagai obat penenang alami. Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap 84 responden wanita berusia 18 hingga 25 tahun tersebut menemukan bahwa konsumsi cokelat beberapa hari sebelum menstruasi bisa memberikan efek yang signifikan dalam mengurangi rasa sakit.

Dark Chocolate with Chunks on Wood TableDark Chocolate. Foto: Istock

Dalam studi yang dilakukan Manisa Celal Bayar University tersebut, responden diminta makan 40 mg dark chocolate dengan kandungan 60 persen bubuk cokelat murni, tiga hari sebelum dan di hari pertama menstruasi. Hasilnya tingkat rasa sakit mereka turun dari skala 6 ke skala 5. Selain itu tingkat kecemasan juga turun hingga 18 persen.

Tim peneliti yang diketuai Dr Asli Karakus Selcuk mengklaim bahwa dark chocolate bisa digunakan untuk mengatasi dysmenorrhea -istilah medis untuk sakit menstruasi. Dark chocolate khususnya sangat efektif pada wanita muda.

"Bisa dibilang bahwa dark chocolate aman digunakan dan efektif untuk mengontrol rasa sakit dan kecemasan karena menstruasi," tutur Dr Asli, seperti dikutip dari Daily Mail.

Flavonoid, merupakan zat utama yang paling memberi efek positif untuk mengatasi sakit menstruasi. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate dapat menstimulasi endothelium atau lapisan arteri untuk memproduksi nitric oxide.

Nitric oxide ini memiliki fungsi untuk mengirim sinyal kepada arteri agar rileks dan berdampak pada aliran darah yang lebih lancar serta tekanan darah yang lebih rendah.



Simak Video "Alasan Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Bukan di Graha Saba Buana"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)