ADVERTISEMENT

Viral Bikin Nyesek, MUA Curhat Rias 6 Orang Cuma Dibayar Rp 50 Ribu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 15 Agu 2022 06:00 WIB
MUA  viral membagikan pengalaman di TikTok, pernah merias 6 orang klien dan dibayar Rp 50 ribu. MUA viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @sarinurutamii.
Jakarta -

Ketika acara pernikahan jasa Makeup Artist (MUA) dibutuhkan supaya mendapatkan penampilan yang memesona. Bayaran makeup artist ini beragam dan semakin mahal harganya seiring popularitasnya.

Namun makeup artist yang viral ini mendapatkan bayaran yang membuat nyesek netizen. Mengunggah kisahnya melalui TikTok @sarinurutamii, sang MUA mengaku hanya dibayar Rp 50 ribu untuk merias enam orang. Dalam video yang diunggahnya terlihat, dia dihubungi dadakan oleh salah satu orang terdekatnya untuk merias.

"Kemarin aku dapat job makeup di suatu acara, dia booking mendadak H-jam sebelum acara. Akhirnya aku sanggupin, tapi karena posisi aku masih kerja dan di kost. Aku bilang kalau malamnya aku bakal pulang ke rumah (posisi acara dekat)," tulis akun TikTok @sarinurutamii.

MUA  viral membagikan pengalaman di TikTok, pernah merias 6 orang klien dan dibayar Rp 50 ribu.MUA viral membagikan pengalaman di TikTok, pernah merias 6 orang klien dan dibayar Rp 50 ribu. Foto: Dok. TikTok @sarinurutamii.

"Tapi berhubung malam hujan akhirnya aku jalan dari kost subuh (Sukabumi-Bogor). Setelah pagi sampai Bogor, aku langsung makeup di acara itu dan aku makeup 6 orang di acara itu, dari jam 7-10 pagi," lanjutnya.

Setelah selesai acara pernikahan, orang terdekat yang sudah memanggil jasa Sari bertanya kepadanya berapa total biaya makeup. Sari merasa sungkan menyebutkan nominal karena yang bertanya adalah teman dekatnya.

"Setelah semua selesai, pihak yang punya acara tanya soal harga jadi berapa. Tapi karena dekat jadi aku gak pasang tarif dan itu pun aku gak minta langsung bayarannya," ujarnya.

Namun betapa terkejutnya Sari saat dia akhirnya menerima bayarannya. Setelah merias 6 orang, dia cuma dibayar Rp 50 ribu. Sari merasa tidak dihargai karena jasa dan ilmunya dibayar murah.

"Aku titip pesan saja sama tetehku di rumah, kalau orangnya mau bayar dan tanya berapa. Bilang aja total semua 6 orang (masih gak mau kasih tarif). Lusa dia baru bayar dan ternyata makeup 6 orang itu cuma di hargai Rp 50 ribu aja. Aku sedih, sakit hati. Kenapa bisa setega itu menghargai pekerjaan orang lain padahal makeup ku gak murah, waktu gak sedikit, ilmu ku gak gratis," ucap Sari terkejut.

Sari mengaku memutuskan untuk mengembalikan uang yang ia terima. Ia mencoba ikhlas dan lapang dada.

"Akhirnya uangnya dikembalikan lagi sama keluargaku posisi ku di kost, aku benar-benar gak terima karena pekerjaanku disepelekan. Tapi orang tuaku cuma bilang. Ikhlaskan saja jangan ditegur. Biar rezeki ku mungkin bukan di dia tapi Insya Allah lebih banyak di tempat lain. Benar-benar sakit hati banget ya Allah," jelasnya.

@sarinurutamii

Kalau ini ada di posisi kalian gimana? Aku nangis sejadi jadi karena sakithati😭 YaAllah, ga terlintas di pikiranku kalau mau kaya gini😭😭

♬ pluto projector - al

Wolipop sudah menghubungi Sari, makeup artist viral dibayar Rp 50 ribu untuk merias enam orang. Dia sudah memberikan izin kepada Wolipop untuk mengutip video TikToknya. Unggahan Sari sudah ditonton lebih dari 301 ribu Views dan mendapatkan beragam komentar dari warganet.

"Harus tegas ngasih harga nya kak! Mudah-mudahan ke ganti yaa kak sama job job yang lain🥰," saran akun @IG: Fadilla_mua.

"Risiko tidak menangani secara pro," ujar akun @endog ceplox.

"Harusnya dari awal kasih harga sih, nggak semua orang bisa baca pikiran kita dan ngerti standar harga buat jasa kita😁," saut akun @Ranietha.

"Salah sendiri kerja juga harus menghargai diri sendiri. Jadi pelajaran ke depannya tetap semangat 🥰," timpal akun @PAINem.1128.

(gaf/eny)