Jerawat Kistik, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Lukita Wardhani - wolipop Minggu, 12 Sep 2021 15:30 WIB
Jerawat kistik dan cara mengobatinya. Foto: Shutterstock/ Jerawat kistik dan cara mengobatinya. Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar tentang jerawat kistik? Atau mungkin kamu sedang mengalaminya? Berikut penjelasan penyebab jerawat kistik dan cara mengobatinya.

Jerawat kistik merupakan jenis jerawat yang paling serius. Ini berkembang ketika kista terbentuk jauh di bawah kulit kamu. Salah satu penyebabnya akibat kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori.

Semua orang bisa mengalami jerawat kistik, namun cenderung terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Jerawat ini juga lebih sering terjadi pada remaja, wanita, dan orang dewasa yang lebih tua dengan ketidakseimbangan hormon.

Biasanya, jerawat kistik dapat membaik seiring bertambahnya usia. Namun, benjolan yang membandel dan menyakitkan tidak akan hilang dengan sendirinya. Salah satu cara terbaik mengatasi jerawat kistik adalah ke dokter. Namun sebelum itu kamu perlu tau bagaimana cara mengidentifikasinya.

Ciri-ciri Jerawat Kistik

- Jerawat kistik memiliki kecenderungan berukuran paling besar dan lebih dalam di dalam kulit.

- Jerawat kistik sering terlihat seperti bisul pada kulit.

- Ciri-ciri pengenal lainnya meliputi: berisi nanah, benjolan putih besar, kemerahan, lembut atau menyakitkan saat disentuh.

Jerawat kistik mungkin paling terlihat di wajah seseorang. Tapi mereka juga bisa muncul di dada, leher, punggung, dan lengan. Jerawat kistik bahkan dapat berkembang di bahu dan di belakang telinga.

Cara Mengobati Jerawat Kistik

Karena keparahan jerawat kistik, perawatan over-the-counter (OTC) untuk jerawat tidak cukup kuat. Ini berarti kamu harus menemui dokter kulit untuk mendapatkan obat resep. Tergantung pada jenis perawatan yang digunakan, kamu mungkin tidak melihat hasil dari pengobatan tersebut hingga delapan minggu.

Bicaralah dengan dokter tentang metode yang digunakan untuk mengobati jerawat kistik. Pada beberapa kasus jerawat kistik memerlukan terapi kombinasi.

Cara mengobati jerawat kistik yang benar adalah....KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3