Benzolac Untuk Jerawat, Ini Manfaatnya yang Perlu Kamu Tahu

Lukita Wardhani - wolipop Sabtu, 03 Jul 2021 08:00 WIB
skincare Benzolac untuk jerawat. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jerawat menjadi masalah kulit bagi hampir setiap manusia tanpa mengenal jenis kelamin. Cara menghilangkan jerawat pun ada berbagai langkah, bisa dengan alami, obat ataupun skincare. Salah satu cara mengobati jerawat adalah dengan pemakaian Benzolac. Apa fungsi Benzolac untuk jerawat?

Benzolac atau benzoil peroksida adalah bahan yang terkenal untuk menghilangkan jerawat. Bahan ini tersedia dalam bentuk gel atau krim yang dijual bebas dan hadir dalam konsentrasi yang berbeda untuk jerawat ringan hingga sedang.

Meskipun benzoil peroksida secara efektif dapat menghilangkan bakteri dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, namun bahan ini juga memiliki keterbatasan.

Apakah Benzoil Peroksida atau Benzolac Baik untuk Jerawat?

Benzoil peroksida bekerja untuk mengobati dan mencegah jerawat dengan membunuh bakteri di bawah kulit, serta membantu pori-pori meluruhkan sel kulit mati dan sebum atau minyak berlebih. Benzoil peroksida bisa bekerja sangat baik untuk jerawat inflamasi, yang ditandai dengan benjolan merah yang mengandung nanah - pustula, papula, kista, dan nodul - bukan whiteheads dan komedo.

Sedangkan untuk jerawat kistik, agak sulit diobati karena bentuk jerawat yang paling serius. Salah satu tandanya ialah dengan benjolan keras di bawah permukaan kulit kamu. Meskipun jerawat ini mungkin memiliki nanah jauh di dalamnya, sulit untuk mengidentifikasi "kepala" yang menonjol.

Bakteri P. acnes adalah salah satu penyumbang jerawat kistik, yang benzoil peroksida dapat membantu mengobati dalam kombinasi dengan obat resep. Jika kamu memiliki jenis jerawat ini, konsultasikan dengan dokter kulit untuk pilihan perawatan terbaik.

Untuk komedo hitam dan komedo putih masih bisa menggunakan benzolac atau benzoil peroksida karena dapat membantu mengatasi minyak dan sel-sel mati yang menyumbat pori-pori. Namun ini mungkin bukan pilihan perawatan terbaik untuk komedo hitam dan komedo putih.

Benzolac juga dapat menghilangkan bekas jerawat, biasanya untuk jerawat yang meradang. Bekas jerawat dapat memburuk akibat paparan sinar matahari, jadi penting untuk memakai tabir surya setiap hari. Secara teori, benzoil peroksida juga dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan membuat bekas luka tidak terlalu menonjol. Namun penelitian terhadap hal tersebut masih kurang.

Benzoil Peroksida vs. Asam Salisilat untuk Jerawat

Sementara benzoil peroksida adalah bahan pokok untuk mengobati jerawat inflamasi, ada baiknya mempertimbangkan asam salisilat jika kamu juga memiliki jerawat noninflamasi (komedo dan komedo putih). Keduanya membantu membersihkan pori-pori, tetapi peran utama asam salisilat adalah menyingkirkan sel-sel kulit mati. Efek pengelupasan tersebut dapat membantu mengobati lesi noninflamasi. Jika kamu memiliki jerawat meradang dengan kulit berminyak dan kurang sensitif, benzoil peroksida mungkin merupakan pilihan yang baik untuk digunakan.

Perlu diingat benzoil peroksida bukan satu-satunya pilihan perawatan untuk jerawat dan bekas jerawat. Ada produk lainnya yang dapat membantu mengobati bakteri, minyak berlebih, dan juga sel kulit mati seperti menggunakan asam salisilat, sulfur, dan tea tree oil. Temui dokter kulit jika produk benzolac untuk jerawat tidak berfungsi atau jika kamu mengalami reaksi negatif setelahnya.



Simak Video "Fakta Medali Olimpiade Tokyo 2020 yang Terbuat dari Limbah Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)