Wanita Pakai Urine untuk Kempiskan Jerawat Jadi Viral, Dokter Ungkap Bahayanya

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 26 Jul 2021 18:37 WIB
Duh! Wanita Ini Nekat Minum Urine karena Percaya Bisa Sembuhkan Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/yoepro
Jakarta -

Wanita asal Filipina ini jadi sorotan setelah memberikan tips kecantikan di Youtube. Ia menggunakan urin sebagai perawatan jerawat.

Pada videonya itu, wanita dengan akun Youtube Crazy Thess itu mengaplikasikan urinenya sendiri yang diletakkan di area-area wajahnya yang berjerwat. Sejumlah komentar menghujatnya dan mengatakan jorok.

"Aku akan menggunakan urine di wajahku. Kedengarannya aneh. Wajahku dan mataku terlihat sres sekarang, karena ada jerawat yang bermunculan di wajahku," ucap Thess.

"Aku mendengar bahwa mengoleskan sedikit urin pada jerawat sangat efektif karena bisa mengempiskannya. Kamu mungkin pikir aku gila, tapi sebenarnya tidak," tambahnya.

Youtuber FilipinaYoutuber Filipina Foto: dok. Youtube

Thess kemudian terlihat mengoleskan sedikit air seninya sendiri ke beberapa jerawatnya menggunakan jari. "Aromanya sangat buruk," akunya.

"Kamu akan merasa sedikit perih," tambahnya.

Thess juga menjelaskan bahwa dia menunggu urinnya sampai kering sebelum ia tidur. Dia pun tidak membilas wajahnya, dan membiarkan urinnya menempel di wajah.

Keesokan paginya dia membagikan hasilnya. Dia menunjukkan beberapa jerawatnya yang mulai mengempis.

"Rasa sakit dari jerawat itu hilang. Aku bisa mengatakan bahwa ini efektif," ucapnya.

Menurut medis, air seni tidak disarankan digunakan pada jerawat. Seperti dikutip The Sun, Dr. Carol Cooper mengatakan bahwa tren perawatan seperti ini sebaiknya segera dihilangkan.

"Urine sering dijadikan sebagai pengobatan pouler di negara Timur, tetapi tidak ada bukti bahwa bisa menyembuhkan jerawat," ucap Dr. Carol.

Urine memang mengandung urea yang bisa bekerja sebagai anti-pengeringan dan dapat menghilangkan rasa gatal, tapi tidak cukup signifikan jika dipakai sebagai perawatan kecantikan.

"Urine tidak steril dan berisiko memasukkan bakteri ke dalam kulit saat kondisinya meradang. Perawatan ini harus dihentikan," tegasnya.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)