Catat! Ini 7 Jenis Jerawat dan Cara Penanganannya

Niken Widya Yunita - wolipop Jumat, 25 Okt 2019 07:30 WIB
Catat! Ini 7 Jenis Jerawat dan Cara Penanganannya/Foto: iStock Catat! Ini 7 Jenis Jerawat dan Cara Penanganannya/Foto: iStock
Jakarta - Jerawat dapat mengganggu penampilan dan penanganannya pun tidak bisa asal. Karena itu lebih baik kenali dulu jenis jerawat agar dapat mengetahui cara penanganannya.

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebih produksi kelenjar minyak yang mengakibatkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, tetapi bisa juga disebabkan faktor dari dalam tubuh.

Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit yang berkolaborasi dengan bakteri sehingga timbul jerawat.

Berikut jenis jerawat dan cara penanganannya:



1. Jerawat Batu

Jerawat batu atau jerawat kistik terbentuk di lapisan kulit yang lebih dalam. Penyebab timbulnya jerawat batu yakni penyumbatan pori oleh sel kulit mati yang dibarengi dengan infeksi bakteri. Karena itu timbul benjolan merah besar, bertekstur lunak karena berisi bernanah, dan sakit saat disentuh.

Jerawat batu dapat menimbulkan peradangan karena infeksi bakteri. Ingat, jerawat ini dapat meninggalkan bekas luka.

2. Pustula

Pustula adalah benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori. Tingkat keparahan jerawat pustula tergantung pada berapa banyak dan seberapa cepat jerawat terbentuk. Pustula ukuran kecil akan berkurang secara alami dan dapat diobati dengan produk yang mengandung asam salisilat.

3. Papula

Jenis jerawat berikutnya yakni papula. Papula biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Benjolan ini biasanya berkelompok dan bisa bikin sakit.

Jerawat ini bisa diobati dengan obat-obatan seperti antibiotik atau perawatan topikal seperti tretinoin, dan retinol.

Selanjutnya
Halaman
1 2