10 Jenis Bonsai, Tanaman Hias dari Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 11 Nov 2020 17:17 WIB
Bougainvillea bonsai plant, Pune Tanaman hias bonsai. Foto: Getty Images/iStockphoto/font83
Jakarta -

Bonsai merupakan tanaman hias yang berasal dari Jepang. Tanaman ini sengaja dibuat dalam wadah atau pot kecil dengan bentuk menyerupai pohon asli namun dalam ukuran mini.

Seperti dikutip dari bonsaiempire, bonsai selama ini dianggap sebagai tanaman hias indoor atau di dalam ruangan. Namun nyatanya, bonsai akan lebih baik berada di luar ruangan agar terpapar alam, seperti tanaman pada umumnya.

Apakah kamu termasuk yang tertarik mengoleksi bonsai? Sebelum membelinya, seperti dikutip dari cnnindonesia.com, ketahui dulu 10 jenis bonsai buat kamu yang ingin menambah dekorasi rumah dengan tanaman hias ini:


1. Bonsai Anggur

Pohon anggur sebenarnya merupakan tumbuhan berukuran besar dan hidup di alam bebas. Namun dengan teknik bonsai pohon ini bisa ditanam dan dipelihara di dalam rumah.

Buah anggur yang dipanen dari bonsai pun dapat dikonsumsi.


2. Bonsai Bougenville

Bougainvillea bonsai plant, PuneBonsai Bougenville. Foto: Istock

Daya tarik tanaman bougenville ada pada bunga dan daunnya. Warna tanaman bougenville beragam, mulai dari pink, kuning, magenta, ungu, dan putih.

Masyarakat Indonesia banyak menanam bougenville jenis glabra berwarna pink keunguan. Ciri bunga pada bougenville ini tipis namun lebar.

Lantaran punya beragam pilihan warna yang cantik, menjadikan bonsai bougenville banyak diminati untuk mempercantik ruangan dalam rumah maupun perkantoran.


3. Bonsai Beringin

Bonsai tree in ceramic pot.Bonsai Beringin. Foto: Getty Images/OGphoto


Beringin merupakan tanaman yang identik dengan pohon berukuran besar dan rimbun. Karena ukurannya yang besar, beringin jarang ditanam di pekarangan rumah.

Dengan adanya teknik, seseorang dapat menjadikan beringin tanaman hias di pekarangan bahkan di dalam rumah.

Bentuk pohon dengan daun rimbun membuat bonsai beringin jadi daya tarik sendiri bagi masyarakat, khususnya kolektor bonsai.


4. Bonsai Cemara

Bonsai Tree Of Casuarina tree, IndiaBonsai Cemara. Foto: Istock

Pohon cemara mampu beradaptasi pada lingkungan basa maupun asam. Bonsai cemara, memiliki ciri daun kecil memanjang, berwarna hijau abu-abu, dan beruas seperti rambut ekor kuda, serta batang yang beralur.

Pohon cemara identik dengan tanaman yang tumbuh di dataran tinggi, dan memberi efek sejuk. Dengan teknik bonsai, Anda bisa membawa nuansa sejuk ke pekarangan rumah Anda.


5. Bonsai Sakura

sakura tree bonsai taken on mobile deviceBonsai Sakura. Foto: Istock


Bonsai sakura merupakan salah satu jenis bonsai terbaik yang digemari masyarakat. Tanaman sakura yang berasal dari Jepang bisa Anda hadirkan di lingkungan rumah Anda dengan teknik bonsai.

Di Jepang, bonsai dianggap sebagai lambang kecantikan, keberanian, dan pembaharuan. Bunga sakura bisa tumbuh dengan warna putih dan merah.


6. Bonsai Azalea


Azalea merupakan tanaman asal jepang, berdaun hijau gelap kecil dengan bunga berwarna merah muda saat mekar.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Untuk memelihara bonsai Azalea, sebaiknya Anda menjaga kelembaban tanah media tanam bonsai.


7. Bonsai Delima

Potted Twisted Pomegranate (Punica granatum) bonsai tree against blue background10 Jenis Bonsai, Tanaman Hias dari Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Rumah Foto: Istock


Selain anggur, tanaman buah delima juga bisa dibuat menjadi bonsai. Meski dibuat menjadi bonsai, buah delima tetap bisa dipanen.

Buah delima dikenal karena manfaatnya untuk mempercantik kulit, mengatasi radang tenggorokan, dan menurunkan kadar kolesterol.


8. Bonsai Anting Putri


Bonsai anting putri memiliki bentuk ranting yang unik. Batang bonsai ini lurus tegak seperti tiang dan memiliki sejumlah cabang.

Butuh usaha lebih untuk merawat jenis bonsai ini karena rumput liar kerap tumbuh di sekitar tanaman ini.


9. Bonsai Adenium


Jenis tanaman ini berasal dari dataran Afrika dan Arab. Bunga pada bonsai Adenium berwarna merah muda dengan kontur batang yang besar di bagian bawah, dan semakin mengecil pada bagian atas.

Bonsai jenis ini digemari masyarakat karena bentuk batangnya yang gemuk dan indah.


10. Bonsai Bambu


Bambu juga merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Teknik ini digunakan saat seseorang ingin menghadirkan tanaman bambu di ruang yang kecil, baik di dalam maupun di luar ruangan.


Itulah 10 jenis bonsai yang bisa jadi tanaman hias untuk mempercantik rumah.



Simak Video "Unik dan Cantik Bonsai Kelapa di Gorontalo"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)