10 Jenis Aglaonema Paling Populer, Banyak yang Cari

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 07 Nov 2020 11:00 WIB
White Green Leaves of Aglaonema Plants as Texture Background. Aglaonema flowers Aglaonema. Foto: Wiki
Jakarta -

Aglaonema menjadi salah satu jenis tanaman yang viral di masa pandemi virus Corona. Tanaman hias ini juga dikenal dengan Sri Rejeki dan berasal dari spesies talas-talasan atau Araceae.

Habitat asli Aglaonema adalah hutan hujan tropis. Bisa tumbuh dengan baik dan subur di daerah dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembapan tinggi. Oleh karena itu Aglaonema cocok dibudidayakan dan ditanam di Indonesia yang beriklim tropis.

Tanaman bernama lain Chinese Evergreen ini banyak diminati tak hanya karena bentuk dan warnanya yang cantik. Tapi tanaman ini juga mudah beradaptasi dengan kondisi ruangan.

Ada banyak varietas Aglaonema yang jumlahnya bisa mencapai sekitar 30 spesies. Ini 10 di antaranya yang bisa dibilang paling populer.

1. Aglaonema Widuri

Jenis Aglaonema yang sangat populer dan banyak dicari karena kecantikan warnanya. Tanaman yang juga populer dengan nama Red Peacock ini memiliki warna merah cerah bergradasi.

Daunnya berwarna hijau dan memiliki urat berwarna merah. Semakin dominan warna merah, maka harga tanaman ini akan makin tinggi. Bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2. Aglaonema Emerald Bay

Tanaman ini disebut Emerald karena memiliki warna hijau yang cantik di pinggiran daun. Sementara bagian tengah daun, bergradasi abu-abu keperakan.

Aglaonema Emerald Bay termasuk jenis yang paling toleran terhadap cahaya rendah dibandingkan jenis Aglaonema lainnya. Meskipun ditempatkan pada ruangan minim cahaya, dia bisa tetap hidup dan tumbuh.

Aglaonema modestum or Red aglaonema or Chinese evergreen plant.Aglaonema modestum. Foto: iStock

3. Aglaonema Silver Queen

Kamu yang ingin mulai mencoba memelihara Aglaonema, mungkin bisa mencoba terlebih dulu dengan jenis yang satu ini. Aglaonema Silver Queen merupakan varietas paling umum dan sangat mudah ditemukan. Selain itu perawatannya juga mudah.

Ciri khas Aglaonema Silver Queen adalah warna daunnya yang putih keperakan dengan bercak hijau. Cocok dijadikan tanaman hias dalam rumah karena tidak terlalu memerlukan banyak cahaya.

4. Aglaonema Silver King

Jenis Aglaonema satu ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan varietas sebelumnya, baik dari bentuk, warna maupun corak. Namun perbedaannya dengan Silver Queen, Silver King memiliki bercak hijau yang lebih sedikit.

5. Aglaonema Harlequin

Varietas Aglaonema dengan karakteristik unik, warna tanaman ini dipengaruhi oleh cahaya. Paletnya bisa berubah tergantung dari seberapa banyak cahaya matahari yang diasupnya.

Aglaonema Harlequin pada dasarnya berwarna hijau dengan bercak merah muda pada bagian tengah dan tulang daunnya. Jika mendapatkan asupan cahaya matahari berlebihan, warnanya akan menjadi kuning pucat, dengan pink menyala di tengah daun.

Ketika Aglaonema Harlequin tak cukup mendapat asupan sinar matahari maka warnanya akan lebih dominan hijau. Hanya ada sedikit bercak merah muda di bagian tengahnya.

White Green Leaves of Aglaonema Plants as Texture Background. Aglaonema flowersAglaonema Silver Queen. Foto: iStock

6. Aglaonema Suzy

Salah satu jenis Aglaonema yang populer di kalangan pembudidaya tanaman hias. Aglaonema Suzy memiliki ciri khas daunnya berwarna hijau dengan bercak merah mudah yang cantik.

Warna merah muda juga terdapat pada tulang daun bagian tengah. Membuatnya terlihat seperti dan yang dilukis. Jika Aglaonema pada umumnya bisa hidup dengan asupan matahari minim, maka Aglaonema Suzy harus mendapatkan cahaya yang cukup.

7. Aglaonema Cutlass

Berbeda dari varietas Aglaonema lainnya yang daunnya cenderung lebar, Aglaonema Cutlass memiliki bentuk daun pipih, panjang menjuntai dan runcing. Sebutan cutlass sendiri berasal dari bentuknya yang mirip pedang pendek atau belati.

Ciri khas lain dari varietas Aglaonema ini adalah warna hijau-putih bercotak. Terdapat guratan-guratan berwarna hijau pada bagian tengahnya.

8. Aglaonema Nitidum

Tanaman ini cocok ditempatkan di rumah atau ruangan yang minim cahaya matahari. Misalnya di ruangan kantor, apartemen atau rumah susun.

Aglaonema Nitidium memiliki warna hijau cerah dengan bercak putih berlapis. Meskipun tak mendapat cukup cahaya, warna daunnya tetap akan hijau segar.

Aglaonema Maria houseplant cuttings in a red glass vase in front of a white wall, Chinese EvergreenAglaonema. Foto: iStock

9. Aglaonema Modestum

Varietas satu ini memiliki warna daun putih pucat dengan bercak hijau. Uniknya, bercak-bercak hijau ini berpola mengarah ke ujung daun yang runcing.

10. Aglaonema Red Gold

Varietas Aglaonema satu ini punya karakteristik daun yang unik. Aglaonema Red Gold memiliki dan berwarna hijau dengan corak kekuningan. Pada pinggirannya terdapat garis merah marun yang tampak membingkau daun dengan cantik.

Penampakannya yang indah membuat tanaman ini difavoritkan untuk menghias sudut-sudut ruangan.

Itulah 10 jenis Aglaonema paling populer di Indonesia. Mau pilih yang mana untuk menghias rumah kamu?

(hst/hst)