7 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 04 Nov 2020 15:08 WIB
Exotic tropical Calathea Makoyana Prayer Plant with beautiful stripe and dot pattern and dark and light green color in pot isolated on white background Tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Foto: Getty Images/iStockphoto/Grumpy Cow Studios
Jakarta -

Mengoleksi tanaman hias jadi tren di tengah pandemi Corona. Apakah kamu termasuk yang mencoba hobi ini? Buat kamu yang sedang mencari tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, berikut rekomendasinya.

Tanaman hias yang hanya membutuhkan sedikit cahaya ini cocok bagi kamu yang memiliki rumah dengan jendela tidak terlalu banyak atau bahkan pencahayaan matahari minim. Sedikitnya cahaya mayahari ke rumah kamu bukan berarti halangan untuk merawat tanaman hias.

Tanaman-tanaman hias indoor yang hanya butuh sedikit cahaya matahari berikut ini mudah dirawat. Bahkan ada beberapa tanaman hias yang akan tumbuh lebih baik di tempat yang redup cahaya.

Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari

Sebagai rekomendasi, berikut tujuh tanaman hias yang tidak perlu banyak sinar matahari atau dapat tumbuh di tempat redup, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com dan housebueatiful:

1. Lidah Mertua

Wooden boxes with sansevieria plants on white backgroundLidah Mertua, Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari Foto: Dok. Istock

Pecinta tanaman hias pasti akrab dengan tanaman hias yang satu ini, lidah mertua atau Sanseviera. Tanaman lidah mertua memiliki nama lain tanaman ular karena bentuk daun yang tinggi dan kurus. Selain itu, ciri khas lidah mertua lainnya adalah mempunyai bunga yang mirip bunga lili.

Sanseviera adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Dan bonusnya, tanaman ini juga bisa membersihkan udara rumah karena mengeluarkan oksigen di malam hari.

2. Peace Lily

Wooden boxes with sansevieria plants on white background7 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari Foto: Dok. Istock

Peace Lily atau Spathiphyllum sp termasuk jenis tanaman yang dapat tumbuh di tempat lembab. Tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari ini memiliki ciri bunga berwarna putih ukuran besar.

Selain dapat tumbuh di tempat minim cahaya, Peace Lily juga bisa jadi tanaman pembersih udara. Tanaman ini bisa menghilangkan racun benzena dan formaldehida.

3. Sirih Gading

Devils Ivy or Rapunzel house plant on the windowsillDevils Ivy Foto: Dok. Istock

Jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari salah satunya adalah sirih gading atau nama lainnya Devil's Ivy. Namanya boleh saja terdengar menyeramkan 'devil's', namun nyatanya tanaman ini memiliki banyak manfaat dan mudah dirawat.

Sirih gading atau Devil's Ivy termasuk jenis tanaman merambat namun juga bisa ditaruh di dalam pot. Manfaat dari menaruh tanaman ini di dalam rumah selain mempercantik ruangan dapat menyerap toksin sehingga udara menjadi lebih bersih.

4. Pohon Dollar

ZamioculcasZamioculcas zamilifolia atau pohon dollar. Foto: Dok. Istock

Zamioculcas zamiifolia atau di Indonesia dikenal dengan nama pohon dollar termasuk tanaman yang bisa hidup dalam kondisi minim cahaya. Tanaman ini memiliki beberapa nama lain yaitu ZZ atau zanzibar gem.

Tanaman yang mempunyai warna hijau mengilap ini sempat viral karena hoax dianggap sebagai penyebab kanker pada 2016. Nyatanya, pohon dollar bukanlah tanaman penyebab kanker.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Deden Mudiana mengatakan tanaman ini termasuk termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia (Lodd.) Engl. Umumnya keluarga talas-talasan biasanya memiliki kandungan senyawa oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab kanker.

"Kandungan senyawa ini (oksalat) yang menyebabkan gatal pada bagian tubuh manusia terutama bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif," kata Deden kepada detikcom.

5. Spider Plant

houseplant, Chlorophytum comosum in front of a light wall in a green potSpider Plant. Foto: Dok. Istock

Spider plant termasuk jenis tanaman hias yang digantung. Tanaman dengan nama lain Chlorophytum sp ini bisa tumbuh di tempat minim cahaya sehingga mudah untuk merawatnya.

Spider plant memiliki ciri khas motif garis hijau putih sehingga akan terlihat menarik di dalam ruangan. Dan tanaman hias ini termasuk jenis tanaman yang dapat menyedot racun seperti karbon monoksida.

6. Calathea

Exotic tropical 'Calathea Makoyana' Prayer Plant with beautiful stripe and dot pattern and dark and light green color in pot isolated on white backgroundCalathea Foto: Dok. Istock

Calathea atau Kalatea merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Serikat. Tanaman hias dengan ciri khas daunnya yang bergaris-garis ini termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Calathea tanaman yang membutuhkan cahaya medium atau bahkan redup. Tanaman ini juga tidak beracun sehingga aman diletakkan di dalam rumah.

7. Chinese Evergreen

Aglaonema Maria houseplant cuttings in a red glass vase in front of a white wall, Chinese EvergreenChinese Evergreen. Foto: Dok. Istock

Tanaman Chinese Evergreens termasuk jenis tanaman hias indoor. Tanaman dengan nama lain Aglaonema sp ini bisa diletakkan di sudut ruangan yang gelap sehingga bisa memberikan warna di area tersebut.

Ciri khas tanaman ini adalah daunnya yang warna-warni hiau atau merah dan merah jambu. Tanaman Chinese Evergreens memiiki manfaat sebagai tanaman pembersih udara.

Itulah tadi jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Apakah dari berbagai jenis tanaman hias di atas ada yang sudah kamu punya?



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)