Hobi Tanaman Hias, Titi Kamal Berbagi Tips Merawat Lidah Mertua hingga Caladium

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 27 Okt 2020 07:30 WIB
Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hias Salah satu koleksi tanaman hias Titi Kamal. Foto: Instagram @titi_kamall.
Jakarta -

Kurniati Kamalia atau yang lebih dikenal dengan Titi Kamal, termasuk artis yang ketagihan koleksi tanaman hias. Rumah Titi pun dipenuhi tanaman hias hingga sang suami menyebut mirip toko tanaman.

Saking sukanya pada tanaman hias, Titi Kamal sampai mencari tahu seluk-beluk merawat tanaman-tanamannya. Artis 38 tahun itu menyebutkan tanaman hias koleksinya yaitu lidah mertua, kuping gajah dorayaki, waru varigata, alocasia cuprea, keladi tengkorak, keladi neon, keladi Thailand, iresine herbstii, philodendron congo, philodendron hati, melanochrysum, alocasia silver, aglonema, syngonium variegata, caladium thai beauty, begonia mocca, lidah kera, dolar, oxalis, kaktus koboi, peperomia watermelon, dan caladium sunset pink.

Punya begitu banyak tanaman hias, berikut cara Titi Kamal merawat tanaman hiasnya yang juga bisa kamu tiru:

1. Jangan sampai air menggenang di pot
Jika kamu menyiram tanaman, sebaiknya jangan sampai airnya tergenang di dalam pot. Kata Titi, jika air sampai menggenang di dalam pot, akar tanaman hias bisa busuk.

2. Perhatikan pasokan sinar matahari
Kamu juga harus perhatikan tanaman mana yang cocok di letakaan di indoor dan outdoor. Cara memerhatikannya salah satunya dengan melihat bagian daunnya. Jika daun tanaman itu terbakar, artinya tanaman tersebut tidak kuat terkena sinar matahari, sehingga posisinya harus diubah.

3. Repotting secara berkala
Dalam channel YouTubenya Titi dan Tian, Titi Kamal menyarankan agar para pemilik tanaman hias rajin mengecek tanamannya. Jika tanaman sudah semakin besar dan tidak mungkin ada di pot ukuran kecil, sebaiknya pindahkan ke pot yang lebih besar. Karena jika tetap di pot kecil akan melukai akarnya. Cara ini agar tanaman bisa tumbuh lebih besar lagi.

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasKoleksi tanaman hias milik Titi Kamal. Foto: Instagram @titi_kamall.

4. Pemangkasan rutin
Beberapa tanaman yang sudah berubah warna atau menguning sebaiknya segera dipangkas agar tidak menularkan daun yang lainnya. Lebih baik daun yang sudah kuning dipangkas sehingga bisa tumbuh daun baru. "Kamu jangan merasa stres dan panik ketika melihat tanaman yang daunnya kuning. Belum terlambat, kamu cari tahu dulu penyebabnya apa. Pelan-pelan nanti biar dia beradaptasi," kata Titi.

5. Pemberian serum dan pupuk
Menurut Titi Kamal, merawat tanaman hias tak cukup hanya disiram dengan air. Beberapa tanaman juga membutuhkan serum dan pupuk secara berkala. Akan tetapi, dalam memberikan pupuk dan serum ini jangan terlalu banyak.

6. Tips membasmi hama
Titi Kamal berbagi kisah bagaimana dia membasmi hama pada tanamannya. Pada suatu hari Titi menemukan semut yang mengganggu tanaman keladi miliknya. Setelah mencari tahu, istri Christian Sugiono itu memberikan tanaman tersebut furadan. "Ambil sejumput tangan dan jangan taruh di dekat tanaman, taruh dipinggir pot. Daunnya juga harus dimisting pakai air biasa," saran Titi.

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasTiti Kamal yang hobi koleksi tanaman hias. Foto: Youtube Titi dan Tian.

7. Agar tanaman tumbuh subur dan rimbun
"Aku banyak juga mendapatkan masukan dari netizen, saat kita ingin tanamannya tumbuh subur dan rimbun adalah disiram menggunakan air cucian beras. Air ini banyak mengandung mineral. Selain itu disiram pakai air mecin, sekitar 1-2 gram. Kadar natrium cocok untuk tanaman yang memerlukan asupan air, seperti lidah mertua dan waru varigata. Dan selang-seling memberikan air cucian beras dan air mecin," kata Titi berbagi cara agar tanaman hias sehat dan subur.

8. Teknik propagansi
Apa sih teknik propagasi? Titi Kamal mengatakan teknik itu dalah teknik memperbanyak tanaman baru ke tanaman yang sudah ada. "Aku senang banget bikin untuk di rumah dan taruh di kamar mandi, dapur dan ruangan di rumah. Salah satu tanaman yang aku terapkan water propagation untuk janda bolong, tinggal cari bagian buku-buku janda bolong. Nantinya akan tumbuh akar baru, bisa kamu taruh di pot dengan media tanam," tuturnya panjang lebar. Namun kata Titi ada beberapa tanaman yang beracun jadi tidak boleh bergabung dengan tanaman lainnya.

Bagaimana apakah kamu tertarik mencoba tips merawat tanaman hias dari Titi Kamal ini?

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasTiti Kamal yang sedang melakukan repotting tanaman hias miliknya. Foto: Youtube Titi dan Tian.
(gaf/eny)