9 Jenis Tanaman Hias yang Viral Selama Pandemi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 26 Okt 2020 14:00 WIB
jenis tanaman Tanaman jenis Caladium White. Foto: Dok. Instagram @airy_garden.
Jakarta -

Merawat tanaman hias menjadi hobi yang kekinian di masa pandemi Corona. Sejumlah tanaman hias pun meroket harganya karena banyak diburu mereka yang mencoba hobi tanaman hias. Apa saja jenis tanaman hias populer sekarang ini?

Wolipop berbincang dengan dua orang wanita yang menjual tanaman hias yaitu Anjar dari toko tanaman hias Delfawood dan Ekawati dari toko tanaman hias, Airy Garden. Keduanya mengungkapkan apa saja tanaman hias yang banyak dicari pembeli. Menurut mereka hampir semua jenis tanaman hias mengalami peningkatan penjualannya.

Berikut sembilan jenis tanaman hias yang viral di masa pandemi Corona :

1. Philodendron
Menurut Eka dari Airy Garden, ada beberapa jenis tanaman hias Philodendron yang menonjol yaitu: Philodendron Birkin dan Rhapidophora.

Philodendron burle marxPhilodendron burle marx. Foto: Instagram @airy_garden.

2. Monstera
Berbagai jenis Monstera menjadi tanaman hias yang viral selama pandemi Corona. Salah satu Monstera paling diburu adalah Monstera Adansonii atau dikenal dengan istilah janda bolong. Tanaman hias Monstera ini cocok dijadikan dekorasi ruangan karena bentuk daunnya yang memiliki lubang-lubang alami.

Monstera adansoniiMonstera adansonii. Foto: Instagram @airy_garden.

3.Keladi
Tanaman hias viral berikutnya adalah keladi atau Caladium. Tanaman hias ini Caladium ini memiliki berbagai jenis di antaranya Keladi Kuping atau Alocasia Polly dan Colocasia. Tanaman ini mempunyai bentuk yang cantik dan warna eksotis.

jenis tanamanJenis tanaman Caladium White. Foto: Dok. Instagram @airy_garden.

4. Spanish Moss atau Jenggot Musa.
Spanish Moss termasuk tanaman hias populer selama pandemi Corona. Tanaman ini bisa ditanaman tanpa media tanam. Menurut Eka dari Airy Garden, jenggot musa termasuk salah satu tanaman hias best seller di Airy Garden. "Terjual sudah lebih dari 500 tanaman sejak pandemi," katanya kepada Wolipop.

Spanish MossSpanish Moss. Foto: Instagram @airy_garden.

5. Calathea Orbifiola
Sedangkan Anjar dari Delfawood mengatatakan tanaman hias Calathea Orbifiola menjadi primadona saat pandemi. Tanaman ini berasal dari Bolivia dan membutuhkan kelembaban serta drainase yang baik untuk berkembang.

Calathea orbifoliaCalathea orbifolia. Foto: Dok. Instagram @airy_garden.

6. Pilea
Tanaman hias viral saat pandemi lainnya adalah Pilea. Tanaman hias ini memiliki ujung tangkai yang jenjang, berukuran mungil, daun hijau yang mengkilap, bulat dan pipih. Pilea biasanya tampil dalam ruangan dan photogenic.

pileaPilea tanaman hias yang sedang banyak diburu oleh pecinta tanaman hias. Foto: Instagram @airy_garden.

7. Rhapidhopora
Tanaman hias Rhapidhopora yang berasal dari Afrika ini termasuk pendatang baru. Namun karena memiliki bentuk daun yang unik, Rhapidhopora sangat diminati pecinta tanaman hias di masa pandemi Corona ini. Rhapidhopora juga disebut sebagai 'mini monstera' karena ukurannya lebih kecil dari Monstera Deliciosa.

RaphidophoraRaphidophora. Foto: Instagram @airy_garden.

8. Aglonema
Sri rezeki atau Aglonema adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

Aglaonema Silver BayAglaonema Silver Bay. Foto: Instagram @airy_garden.

9. Hoya Compacta
Tanaman hias viral terakhir adalah jenis Hoya, khususnya Hoya Compacta. Tanaman hias ini biasanya ditanam dengan pot gantung, memiliki daun yang cantik dan rimbun.

hoya compataaHoya compataa, Foto: Instagram @airy_garden.

Itulah sembilan jenis tanaman hias viral saat pandemi Corona. Dari sembilan tanaman hias ini mana yang paling jadi favorit kamu?

(gaf/eny)