Liputan Khusus Hobi Tanaman Hias

Titi Kamal Ketagihan Tanaman Hias, Lihat Rumahnya yang Bak Toko Tanaman

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 25 Okt 2020 15:35 WIB
Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hias Titi Kamal dan koleksi tanaman hiasnya. Foto: Instagram @titi_kamal
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19, masyarakat mencari kegiatan positif agar tak bosan ketika #dirumahaja. Sejumlah hobi pun tren di masa pandemi ini, seperti bersepeda, memelihara ikan hias hingga merawat tanaman hias.

Titi Kamal termasuk yang ikut tren hobi memiliki tanaman hias gara-gara harus #dirumahsaja karena pandemi Corona. Hobinya ini bermula setelah dia pulang syuting dari Yogyakarta dan harus berada di rumah saja, Titi bingung harus melakukan kegiatan apa. Awalnya dia hanya menanam bunga bougenville.

Bintang film dan sinetron itu kemudian membeli tanaman hias lotus dan berbagai jenis tanaman hidroponik yang disukai suaminya Chrisian Sugiono. Dia juga memesan rak tanaman berwarna putih. Pada saat itu, dia hanya memiliki satu tanaman hias pemberian rekan artis Tissa Biani.

"Terus kan nggak lucu kalau cuma satu tanaman. Raknya isinya empat langsung beli lagi dan beli lagi ah yang ini bentuknya lucu dan merambat juga karena nggak sadar tiba-tiba segini jreeeeng (sambil memperlihatkan koleksi tanaman hiasnya)," ucap Titi dalam video berjudul 'TIPS SIMPLE RAWAT TANAMAN INDOOR TITI KAMAL SUPAYA RIMBUN SUBUR BAHAGIA' yang diunggah ke channel YouTube Titi Tian.

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasTiti Kamal yang hobi koleksi tanaman hias Foto: Instagram @titi_kamall

Pemeran tokoh Maura dalam film Ada Apa dengan Cinta? ini mengungkapkan alasannya mengoleksi tanaman hias selama harus di rumah karena pandemi Corona. Titi merasa udara di rumahnya jadi lebih sejuk karena punya banyak tanaman.

"Aku merasa udara itu lebih sejuk, segar dan oksigen lebih banyak. Apalagi ada lidah mertua yang bisa memproduksi oksigen lebih banyak. Cocok untuk di outdoor dan juga indoor. Dan bikin happy juga kalau sudah mulai tunas baru dan setiap hari senang melihatnya," ucapnya sambil tersenyum puas.

Dalam konten YouTube yang diunggahnya pertengahan September 2020 itu, Titi dengan fasih menyebutkan jenis-jenis tanaman hias yang di koleksinya. Artis 38 tahun itu menyebutkan tanaman koleksinya di antaranya jenis kuping gajah dorayaki, waru varigata, alocasia cuprea, keladi tengkorak, keladi neon, iresine herbstii, philodendron congo, philodendron hati, melanochrysum, keladi thailand, alocasia silver, aglonema, kuping gajah, syngonium variegata, caladium thai beauty, begonia mocca, lidah kera, dolar, oxalis, lidah mertua, kaktus koboi, peperomia watermelon, dan caladium sunset pink.

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasKoleksi tanaman hias Titi Kamal. Foto: Instagram @titi_kamall

"Ini aku temuin di puncak, harganya nggak mahal tapi cantik ini begonia, lili paris, pilea lucu banget ada antena. Selanjutnya ada kuping gajah dan di taruh pot gemas," ujar Titi Kamal yang memberikan tur koleksi tanaman koleksinya di video YouTubenya.

Koleksi tanaman hias tak hanya memenuhi lantai satu rumah Titi. Pada lantai dua rumahnya pun ada area kecil untuk menempatkan berbagai tanaman hiasnya. Pada lantai dua, bintang sinetron Janji Suci itu meletakkan tanaman hias monstera king, peace lily, kuping gajah, sirih gading, calathea silver, brekele, dan philo jari. Tanaman koleksi Titi lainnya adalah spring of pearl, begonia mocca, janda bolong, dan zz plant.

Titi merasa bahagia juga bisa melihat tanamannya tumbuh subur. Titi pun memberikan bocoran agar tanaman kamu juga bisa tumbuh subur.

"DIY leave shine spray itu biasanya aku pakau susu bubuk dikasih air lalu disemprot ke tanaman. Jadi dia bersinar. Pelan-pelan lap pakai tisu dan tak ada penghinggap seperti hama," ucap ibu dua anak laki-laki itu.

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasKoleksi tanaman hias Titi Kamal Foto: Instagram @titi_kamall

Reaksi Christian Sugiono Terhadap Hobi Tanaman Hias Titi Kamal

Setelah plant tour di rumahnya, Titi Kamal meminta pendapat dari sang suami tentang hobi barunya tersebut. Dia juga menantang Christian Sugiono untuk menyebutkan beberapa nama dari koleksi tanamannya.

"Bagus, ada hobi baru cuman tanamannya aneh-aneh. Namanya actualy gue suka tanaman, ini neon, monstera, kuping gajah dorayaki," jawab pria yang akrab disapa Tian itu.

Titi pun lanjut bertanya, jika mereka pindah rumah, di mana tanaman-tanaman hiasnya ini akan diletakkan, Tian malah memberi jawaban menohok. Menurutnya meskipun teras rumah mereka sekarang tampak indah dipandang, namun karena koleksi tanaman hias sang istri sudah begitu banyak, rumah mereka jadi seperti toko tanaman.

"Sebenarnya terasnya bagus cuma kayak toko tanaman. Kemarin ke Bandung, persis kayak gini. Tanamannya dipilih-pilih aja, asal jangan berantakan. Ada yang digantung, boleh aja dibawa asalkan diatur. Meski cari pojokan baru," kata Tian.

Titi Kamal yang hobi koleksi tanaman hiasTiti Kamal yang hobi koleksi tanaman hias Foto: Instagram @titi_kamall

Meski sudah disindir bahwa rumah mereka seperti toko tanaman, Titi Kamal ternyata tetap keukeuh ingin menambah koleksi tanaman hiasnya. Tian pun memberikan pesan menohok pada Titi yang ketagihan hobi tanaman hias.

"Ini kan lagi ngetren, habis itu hilang. Aku senang jadi lebih bagus. Cuma jangan asal lagi ngetren-ngetrennan aja ya. Oh kepengen, terus kalau nggak ngetren lagi gimana? Tanaman itu kan harus dari hati, suka dan merawat," tegasnya.

(gaf/eny)