ADVERTISEMENT

Setop Kebiasaan Pakai Makeup Saat Olahraga, Ini Bahayanya Bagi Kulit

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Senin, 16 Jan 2023 05:00 WIB
Side view image of fitness woman doing sit ups on an exercise mat. Muscular young woman lying on exercise mat with her hands behind head doing stomach exercises. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Berdandan jadi rutinitas harian bagi sebagian wanita, baik saat ke kantor maupun sekadar jalan-jalan. Tidak sedikit pula wanita yang tetap ingin terlihat cantik saat olahraga dengan memakai makeup.

Menurut sebuah survei di Inggris, sebanyak 25 persen wanita memoles wajahnya dengan makeup lengkap saat olahraga. Kebiasaan menggunakan riasan wajah ketika beraktivitas fisik ini ternyata bisa membahayakan kulit.

Dermatologist Dr. Ava Shamban yang berbasis di Beverly Hills mengatakan bahwa memakai makeup tebal saat olahraga tak baik bagi kulit. Ketika melakukan aktivitas fisik yang intens, kamu akan banyak berkeringat dan pori-pori terbuka. Memakai riasan yang tebal akan menghalangi kulit untuk bernapas dan menyebabkan timbulnya jerawat bahkan iritasi.

"Memakai make-up ke gym adalah hal terburuk yang bisa Anda lakukan terhadap kulit. Keringat yang keluar bersama minyak kulit, ditambah partikel make-up akan menyebabkan komedo, jerawat, kusam dan alergi. Sementara pada kelopak mata, maskara, eyeshadow dan highlighter bisa menyumbat pori, menimbulkan bintil-bintil putih yang disebut milia. Dan jika Anda berolahraga keras, make-up mata bisa luntur dan mengenai mata," urainya kepada Fox News.

Dokter bahkan menganjurkan untuk menghapus make-up sebelum olahraga dengan facial foam atau milk cleanser. Gunakanlah pembersih yang tidak membuat kulit kering dan berbahan dasar air.

Namun jika tetap ingin memakai makeup, atau kamu kurang percaya diri tampil dengan wajah polos, cukup fokuskan riasan pada dua area wajah saja. Dr. Ava menyarankan untuk memfokuskan riasan pada area alis.

Kamu bisa merapikan rambut-rambut alis yang berantakan lalu menyikatnya dengan sikat alis. Boleh saja menggunakan pensil alis atau eyebrow powder namun usahakan setipis mungkin.

Agar wajah tidak pucat, kamu bisa mengulaskan lip tint warna pink atau merah cherry. Lip tint teksturnya seperti air, ringan di bibir, juga tahan lama sehingga tepat untuk digunakan saat olahraga.

Pelembab sebaiknya tidak perlu digunakan sebab juga tidak akan terserap oleh kulit karena keluarnya keringat. Namun pengecualian jika kamu berolahraga di luar ruangan. Penggunaan sunscreen diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.



Simak Video "Intip Tren Makeup untuk Lebaran Tahun Ini "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)