ADVERTISEMENT

Pijat untuk Menurunkan Berat Badan, Wanita Ini Malah Kehilangan 1/2 Ginjalnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 02 Des 2022 15:00 WIB
Ilustrasi diet atau perut buncit Ilustrasi diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt.
China -

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi setiap orang. Salah satu cara agar mendapatkan tubuh yang ideal adalah olahraga dan mengatur pola makan yang sehat.

Namun, berbeda dengan wanita ini yang malah memilih untuk pijat untuk menurunkan berat badan. Dan dia berakhir sengsara karena membutuhkan operasi darurat untuk mengangkat setengah dari ginjalnya.

Dilansir dari Odditycentral, seorang wanita China yang namanya disamarkan menjadi Miao dilaporkan ingin menurunkan berat badan dengan bantuan pijat. Wanita yang berusia 41 tahun itu pergi ke salon di Hangzhou, Zhejiang, China untuk satu sesi pijat. Di tengah pijatan khusus penurunan berat badan, wanita itu hampir tidak tahan dengan rasa sakit di perutnya.

Ketika memberi tahu tukang pijat tentang rasa sakitnya, dia diberitahu bahwa itu hanya lemak yang meninggalkan tubuhnya. Tukang pijat tersebut berusaha meyakinkan Miao, saat itu tak ada masalah.

Selama sesi pijat, Miao sampai mengemeratakkan gigi saking menahan rasa sakit. Kemudian rasa sakit di perutnya semakin parah setelah dia sampai di rumah.

Beberapa jam setelah pijatan yang diklaim menurunkan berat badan itu, Miao mulai mengalami gejala seperti muntah dan diare. Kondisi tubuh Miao semakin menurun, keluarganya langsung membawanya ke rumah sakit terdekat.

Miao sudah dalam keadaan setengah koma. Dokter kemudian melakukan CT scan pada bagian perut. Dokter mendiagnosa bahwa angiomyolipoma pecah di ginjal kirinya.

Angiomyolipoma ginjal adalah tumor jinak di ginjal, yang biasanya tidak memiliki gejala apa pun dan tidak menimbulkan bahaya. Tindakan yang biasa dilakukan setelah penemuan adalah pengawasan aktif untuk memastikan tumor tidak tumbuh atau mulai berdarah.

Setelah memeriksa angiomyolipoma, dokter menyimpulkan bahwa, dilihat dari ukurannya, tumor tidak akan mengganggu Miao, jika bukan karena pijatan penurunan berat badan.

Rupanya, sesi pijatan itu sangat kasar sehingga menyebabkan tumornya pecah. Bahkan menciptakan pendarahan besar-besaran di tubuh Miao.

Dokter pun melakukan tindakan operasi pada wanita itu, mengangkat tumor dan setengah dari ginjal kirinya. Akibatnya Miao harus hidup dengan ginjal yang tidak dapat melakukan fungsi normalnya.

Miao dilaporkan masih dalam observasi di unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Hangzhou.

(gaf/eny)