ADVERTISEMENT

5 Cara Menghilangkan Komedo Paling Ampuh Sesuai Saran Dermatologis

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 30 Nov 2022 11:00 WIB
Cara menghilangkan komedo. Foto: Getty Images/iStockphoto/puhhha Cara menghilangkan komedo. Foto: Getty Images/iStockphoto/puhhha
Jakarta -

Komedo termasuk masalah kulit yang sulit diatasi. Mencari cara menghilangkan komedo? Ikuti saran dermatologis yuk.

Komedo merupakan salah satu bentuk jerawat yang bisa membuat wanita kurang percaya diri. Komedo sulit dihilangkan karena berakar jauh dalam pori-pori.

"Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Ketika bahan ini teroksidasi oleh paparan udara akan tampak hitam. Oleh karena itu dinamakan 'komedo'," jelas Dr. Hadley King dan Dr. Joshua Zeichner yang merupakan dokter kulit asal New York, mengutip dari Insider.

Komedo umumnya terbentuk di area wajah yang memproduksi lebih banyak minyak, seperti dahi, hidung, dan dagu (zona T). Komedo juga bisa muncul di dalam telinga, bahu, punggung, dan dada.

Penyebab Munculnya Komedo

Penyebab utama komedo adalah genetika. Namun ada beberapa faktor eksternal yang bisa mempengaruhinya.

"Kami tahu bahwa stres dan diet dapat menyebabkan wajah berjerawat. Susu skim dan makanan dengan kandungan gula tinggi juga meningkatkan peradangan dan produksi minyak, seperti halnya stres," tambah Dr Zeichner.

Cara Menghilangkan KomedoCara Menghilangkan Komedo Foto: Getty Images/iStockphoto/puhhha

Bagi kamu yang memiliki bintik hitam mengganggu, berikut beberapa cara menghilangkan komedo:

1. Pembersihan manual

Alat ekstraktor komedo merupakan salah satu cara menghilangkan komedo dengan aman. Alat tersebut memiliki lingkaran kecil di ujung batang logam yang dengan lembut menarik kulit di sekitar komedo, membawa isinya ke permukaan kulit.

"Tidak seperti memencetnya secara paksa, ekstraktor komedo tak menekan sisi pori-pori. Jadi risiko pecahnya dinding pori lebih kecil. Namun kerusakan jaringan mungkin masih terjadi, sangat berhati-hati jika mencobanya di rumah," kata Dr King.

2. Asam salisilat

Untuk pembersihan yang lebih dalam dengan hasil tahan lama, Dr. King dan Dr. Zeichner merekomendasikan asam salisilat. Ini merupakan cara menghilangkan komedo yang aman dan tidak sakit.

"Asam salisilat adalah bahan pembersih pori yang sangat baik karena dapat mengelupas permukaan kulit dan meresap ke dalam pori-pori untuk menghilangkan minyak. Ini membantu mencegah pori-pori tersumbat dan menghilangkan sumbatan yang sudah terbentuk," papar Dr. King.

Asam beta hidroksi (atau BHA) seperti asam salisilat efektif untuk membersihkan pori karena melarutkan ikatan yang menahan sel kulit mati di permukaan sehingga memperlihatkan kulit yang lebih halus dan cerah. BHA juga larut dalam minyak, menjadikannya pilihan bagus untuk tipe kulit berminyak atau berjerawat.

3. Retinoid topikal

Retinoid topikal merupakan cara menghilangkan komedo lain yang direkomendasikan dermatologis. Retinoid adalah golongan senyawa yang berasal dari vitamin A serta digunakan untuk berbagai masalah kulit seperti mengurangi garis halus dan kerutan, hingga mengobati jerawat.

"Retinoid topikal memiliki efek komedolitik, artinya membantu mencegah dan mengobati pori-pori yang tersumbat. Ini karena mereka meningkatkan pergantian sel kulit dan mengurangi kecenderungan sel dan puing-puing keratin untuk menggumpal dan menyumbat pori-pori," kata Dr. King menjelaskan.

Cara menghilangkan komedo dengan masker tanah liat, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2