ADVERTISEMENT

Viral Baking Soda Untuk Memutihkan Gigi, Amankah? Ini Kata Dokter

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 08 Sep 2022 19:30 WIB
Ilustrasi gigi Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Memiliki gigi putih dan sehat menjadi impian banyak orang. Dengan gigi yang putih dan sehat, penampilan pun akan terlihat jadi lebih menawan.

Untuk mendapatkan gigi yang putih dan sehat sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di dunia maya sendiri sempat viral cara memutihkan gigi menggunakan baking soda. Namun apakah hal tersebut aman?

Melalui acara press conference Klar Smile pada Kamis (8/9/22), Drg. Stephanie Adelia Susanto, MM, Sp. Ort, memberikan tanggapannya mengenai penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi. Tak hanya itu saja ia juga memberi beberapa tips untuk mendapatkan gigi yang putih dan sehat. Berikut ini tips-tipsnya.

Sikat Gigi

Menurut dokter Adel menyikat gigi adalah salah satu cara yang paling simpel dan mudah. Dengan menyikat gigi kotoran dan sisa-sisa makanan bisa hilang sehingga gigi tampak lebih bersih.

Cek ke Dokter Gigi

Dokter Adel menjelaskan agar kesehatan dan kecantikan gigi tetap terjaga maka setidaknya setiap 6 bulan sekali melakukan pengecekan ke dokter gigi. Hal itu dikarenakan ada beberapa kotoran yang tidak bisa dibersihkan sendiri.

"Harus cek ke dokter gigi 6 bulan sekali karena terkadang ada kotoran-kotoran yang nggak bisa kita bersihkan dengan sikat gigi doang," terang dokter Adel.

Perawatan Whitening

Jika menginginkan gigi tetap putih maka diperlukan perawatan ekstra, salah satunya dengan perawatan whitening. Perawatan tersebut bisa didapatkan di dokter gigi ataupun dalam produk-produk yang memang bisa memutihkan gigi.

Namun mengenai penggunaan baking soda yang sempat viral untuk memutihkan gigi, dokter Adel tidak menyarankannya. Pasalnya baking soda justru dikhawatirkan dapat merusak kesehatan gusi dan gigi.

"Baking soda banyak ya yang di DIY DIY. Kalau itu lebih nggak disaranin sih sama dokter gigi karena kan takutnya nanti kena gusi, takutnya efeknya baking soda kan juga ada abrasifnya, jadi ada goresan-goresannya gitu," terang dokter Adel.

Lebih lanjut dokter Adel kembali menegaskan jika memang ingin memutihkan gigi maka sebaiknya menggunakan produk atau perawatan yang disetujui oleh dokter gigi. Dengan demikian akan jauh lebih aman dan terhindar dari risiko negatif memutihkan gigi.



Simak Video "'Brand New' Jadi Titik Balik XIUMIN EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)