ADVERTISEMENT

Minum Jus Lidah Buaya Jadi Tren Kesehatan di TikTok, Pakar Ungkap Bahayanya

Hestianingsih - wolipop Jumat, 22 Apr 2022 15:37 WIB
Ilustrasi jus lidah buaya. Foto: Getty Images Ilustrasi jus lidah buaya. Foto: Getty Images
Jakarta -

TikTok kembali memunculkan tren tak biasa. Kali ini ramai tentang manfaat minum jus lidah buaya bagi kesehatan.

Konten video dengan tagar bertulisan #aloeverajuice telah dilihat lebih dari 16 juta kali. Ada sekitar ribuan unggahan video tentang jus lidah buaya yang memperlihatkan orang mencoba tren tersebut dan memberikan ulasan.

Disebutkan bahwa minum 100 ml jus lidah buaya satu atau dua kali sehari bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa di antaranya bisa menghilangkan jerawat, meningkatkan kesehatan pencernaan hingga menyehatkan badan secara keseluruhan.

Tren jus lidah buaya di TikTok.Tren jus lidah buaya di TikTok. Foto: Dok. TikTok

Namun tren ini kontradiktif dengan pendapat sejumlah pakar kesehatan. Dokter spesialis pencernaan Dr. Supriya Rao, MD, mengatakan bahwa minum jus lidah buaya justru bisa mengganggu sistem pencernaan.

"Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lidah buaya untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti maag, tidak efektif. Menurut pengalaman saya, jus lidah buaya tidak membantu dan pada beberapa kasus bisa berbahaya," ujarnya seperti dikutip dari Buzzfeed.

Dia melanjutkan, "Jus aloe vera pernah digunakan sebagai obat pencahar rumahan tapi pada 2002, FDA melarang penjualan semua produk laxative mengandung lidah buaya karena keamanannya belum jelas. Malah banyak laporan penyakit hepatitis akibat konsumsi jus lidah buaya, bahkan ada yang mengalami gangguan liver meskipun tidak fatal."

Dr. Supriya juga menambahkan bahwa konsumsi jus lidah buaya bisa mengganggu penyerapan potasium. Mikronutrien ini berfungsi membantu menjaga detak jantung tetap normal, memicu insulin pada pankreas yang mengontrol gula darah dan menjaga tekanan darah normal.

Bila kandungan potasium dalam tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi dampaknya detak jantung bisa jadi tak teratur, sakit perut, mual-maul, atau diare.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alasan Irish Bella Sekolahkan Anak di Usia 2 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]