ADVERTISEMENT

8 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Pakai Skincare Hingga Alami

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 17 Jan 2022 15:15 WIB
Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Memiliki jerawat saja sudah menyebalkan ditambah dengan noda hitam bekas jerawat yang susah hilang. Bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat, kenali dulu seperti apa noda di wajah yang dapat dikatakan karena jerawat. Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di bagian Dermatologi, Rumah Sakit Mount Sinai di New York City Dr. Joshua Zeichner mengatakan yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa tanda gelap atau merah muda pada kulit sebenarnya bukan bekas jerawat. Peradangan pada kulit sering meninggalkan noda sebagai bagian dari proses penyembuhan alami. Peradangan meningkatkan produksi pigmen, menciptakan tanda yang memudar dengan sendirinya selama beberapa minggu hingga bulan.

Jika memang peradangan itu tidak juga hilang, kamu bisa mencoba cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di bawah ini:

1. Eksfoliasi Dengan Pepaya

Seperti dikutip dari Brydie, melakukan eksfoliasi alami dengan pepaya dapat membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi, yang merupakan exfoliant kimia. AHA digunakan untuk kulit kering dan anti-penuaan, serta bekerja untuk memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit melalui melemahkan lipid yang mengikat mereka bersama-sama. Proses ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam sehingga menghasilkan sel-sel kulit yang sehat.

Untuk mengobati bintik hitam kamu dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker. Saat melepas masker, kamu dapat memijat dengan gerakan melingkar yang lembut untuk sedikit pengelupasan tambahan pada lapisan atas sel kulit yang mati.

2. Kunyit Untuk Meratakan Kulit

Menggunakan kunyit untuk meratakan warna kulit sudah dilakukan selama berabad-abad oleh orang-orang di India, sebagian Amerika Tengah, dan daerah subtropis lainnya. Mereka melihat kunyit sebagai bahan yang memiliki banyak khasiat penyembuhan, mulai dari mengurangi peradangan hingga membantu proses pencernaan. Manfaat kunyit juga meluas ke area perawatan kulit, dan terbukti menghambat produksi melanin kulit, yang menyebabkan bintik-bintik karena hiperpigmentasi.

Untuk memudarkan bintik hitam dengan kunyit, buat masker menggunakan satu bagian kunyit dan satu bagian madu. Jika mau, kamu dapat meningkatkan proses pencerahan dengan beberapa tetes jus lemon, selama kulit tidak terlalu sensitif, dan jeruk tidak akan bersentuhan dengan kulit terbuka, seperti jerawat yang baru saja pecah.

3. Minyak Almond

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat bisa dengan minyak almond. Namun, minyak almond yang biasa digunakan untuk memasak tidak sama dengan yang digunakan pada kulit, yang sering diperkaya dengan vitamin dan mineral tambahan. Kehadiran Vitamin E dan niasin pada minyak almond untuk kulit membantu mengatasi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit.

Karena minyak almond manis umumnya dipandang sebagai non-komedogenik (artinya tidak akan menyumbat pori-pori), kamu dapat menambahkannya ke rutinitas malam sebagai penghapus riasan atau pelembab.

4. Mencerahkan Wajah Dengan Yogurt

Yogurt dapat membantu memudarkan bintik hitam dengan mengelupas kulit. Seperti sifat pengelupasan kimiawi yang ditemukan dalam pepaya, yogurt dapat memecah sel-sel kulit mati berkat asam laktat, yang ditemukan secara alami dalam produk susu. Menggunakan yogurt dengan susu sapi bisa efektif dalam menenangkan kulit, karena mengandung asam laktat.

Asam laktat adalah AHA, yang memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan. Asam ini lebih lembut di kulit daripada exfoliant kimia lainnya. Karena berasal dari susu, ini membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH. Ia bekerja untuk mengatasi noda, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi kemerahan.

Yogurt dapat dioleskan untuk membersihkan kulit saja atau dicampur dengan bahan tambahan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit seperti madu yang bersifat antibakteri dan bagus untuk kulit rentan jerawat. Menambahkan oatmeal ke masker yogurt akan membantu mengelupas dan menenangkan kulit kering. Pastikan setelahnya untuk membilas masker ini dengan hati-hati, agar tidak merobek atau mengiritasi kulit.

Apalagi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sikap Meghan Markle dan Kate Middleton Disorot Ahli Bahasa Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]