ADVERTISEMENT

10 Buah yang Baik Dimakan untuk Sahur dan Berbuka, Cegah Haus Saat Puasa

Hestianingsih - wolipop Kamis, 14 Apr 2022 03:30 WIB
Happy Brazilian woman drinking coconut water after training at the park - healthy lifestyle concepts Foto: iStock
Jakarta -

Mencukupi kebutuhan cairan saat sahur maupun buka puasa sangat penting agar tubuh tidak lemas dan haus ketika puasa seharian. Kita tahu air putih sangat penting untuk menghidrasi tubuh, tapi asupan cairan juga bisa didapatkan dari makanan.

Mengonsumsi buah-buahan yang tepat pun bisa membantu memenuhi asupan cairan. Terlebih lagi jika kamu kurang suka minum air putih terlalu banyak.

Ini daftar 10 buah terbaik untuk mencegah haus dan dehidrasi saat puasa, dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:

1. Semangka

Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan Semangka Foto: iStock

Sebagian besar kandungan dalam semangka adalah air dan gula. Buah ini juga mengantongi berbagai mineral penting seperti magnesium, kalsium, sodium dan potassium untuk menganti cairan tubuh yang hilang selama puasa.

2. Jeruk

Sumo Oranges, Jeruk Manis Tanpa Biji Asal Jepang yang Viral di AmerikaFoto: Getty Images/iStockphoto/MSPhotographic

Jeruk memiliki kadar air hingga 87 persen. Selain itu buah dengan rasa yang segar ini juga tinggi akan vitamin C yang berkhasiat menjaga daya tahan tubuh.

3. Stroberi

Cara Bersihkan Strawberry yang PraktisFoto: Getty Images/iStockphoto

Buah ini diketahui memiliki kandungan air sampai 92 persen. Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. Grapefruit

Grapefruit Foto: Instagram

Grapefruit adalah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur. Selain kandungan airnya mencapai 90 persen, grapefruit juga tinggi vitamin C.

5. Tomat

Tomat untuk skincare alamiFoto: Getty Images/iStockphoto/silvae

Bukan rahasia lagi kalau tomat memiliki kadar air yang cukup tinggi. Juga kaya antioksidan, tomat mengandung 94 persen air.

6. Anggur

Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur ImporFoto: detikFood

Anggur dikenal sebagai buah kaya air yang juga baik untuk kesehatan jantung. Anggur mengandung kandungan air tinggi juga kandungan resveratrol, yakni antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

7. Air Kelapa

coconut water and fresh coconut on wooden backgroundFoto: iStock

Kelapa menjadi buah dengan kandungan air tertinggi. Bahkan kandungan air dalam kelapa dikatakan memenuhi 95% dari total keseluruhan buah kelapa.

8. Nanas

Sliced Pineapple on Chopping BoardFoto: Getty Images/iStockphoto/ansonmiao

Kandungan air pada buah nanas cukup melimpah sehingga bagus dimakan ketika buka puasa maupun sahur. Selain itu buah dengan rasa manis-asam-segar ini juga bromelain yang berkhasiat sebagai antiinflamasi.

9. Pir

buah pirFoto: iStock

Pir merupakan buah yang tinggi kadar air serta nutrisinya. Buah ini juga kaya akan serat sebanyak 4 gram dalam satu butir ukuran sedang. Makan buah pir tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh tapi juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

10. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Foto: iStock

Sekitar 85 persen komponen di dalam apel adalah air, oleh karena itu buah ini terasa renyah saat digigit. Selain itu apel juga kaya akan serat yang memberi efek kenyang lebih lama.



Simak Video "Tren Jilbab di Pasar Tanah Abang yang Diburu Warga Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)