ADVERTISEMENT

Pakai Mouthwash Setelah Sikat Gigi Bisa Merusak Gigi, Begini Cara yang Benar

Hestianingsih - wolipop Jumat, 14 Jan 2022 11:04 WIB
Woman in bathroom Foto: Thinkstock
Jakarta -

Umumnya orang menggunakan mouthwash atau obat kumur setelah menyikat gigi. Banyak yang tidak tahu bahwa cara seperti ini ternyata keliru.

Seorang dokter gigi membagikan informasi yang membuat netizen terhenyak itu di TikTok. Dokter gigi bernama Anna Peterson mengungkapkan bahwa sebaiknya kamu jangan berkumur dengan mouthwash setelah sikat gigi karena justru bisa bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan mulut dan gigi.

Dia menjelaskan, mouthwash seharusnya digunakan sebelum sikat gigi, atau bisa setelah makan. Alasannya karena kandungan fluoride pasta gigi dan mouthwash berbeda.

Anna Peterson menerangkan bahwa pasta gigi mengandung fluoride jauh lebih tinggi ketimbang mouthwash. Seperti diketahui, fluoride merupakan zat penting untuk menjaga gigi tetap kuat.

"Mouthwash hanya memiliki 220pp fluoride (pasta gigi 1450pp). Konsentrasi ini sangat rendah dan tidak cukup untuk melindungi gigi dari gula yang dikonsumsi dari minuman dan makanan," jelasnya.

Anna melanjutkan, "Jadi ketika kamu sikat gigi, lalu membilasnya langsung dengan mouthwash, hanya akan menghilangkan fluoride berkonsentrasi tinggi (dari pasta gigi) dan yang tertinggal hanya fluoride konsentrasi rendah."

Maka dari itu Anna menyarankan agar tidak berkumur dengan mouthwash setelah sikat gigi. Dia pun mengatakan tidak semua orang butuh mouthwash.

"Saya tidak melarang pakai mouthwash. Sebab saya juga merekomendasikan penggunaannya ke pasien. Tapi tidak semua pasien membutuhkannya. Saya tidak pernah menyuruh mereka berkumur mouthwash setelah sikat gigi," tuturnya.

"Membilas dengan air lebih baik daripada pakai mouthwash," tambahnya lagi.

Berikut ini cara yang benar menggunakan mouthwash menurut Layanan Kesehatan Nasional di Inggris, seperti dilansir The Sun:

- Setelah sikat gigi, ludahkan sisa pasta gigi dari mulut. Usahakan tidak langsung berkumur dengan air, karena akan menghilangkan konsentrasi fluoride dari gigi.

- Tunggulan beberapa detik untuk memberi waktu yang cukup bagi fluoride memberi lapisan pelindung pada gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hingga bersih.

- Gunakan mouthwash mengandung fluoride yang bisa mencegah gigi keropos. Tapi jangan berkumur tepat setelah sikat gigi.

- Berkumurlah dengan mouthwash pada waktu yang berbeda dari menyikat gigi. Misalnya setelah makan atau sebelum sikat gigi.

- Jangan makan atau minum selama 30 menit setelah menggunakan mouthwash.



Simak Video "Gaya Seksi Rachel Vennya saat Rayakan Ultah ke-27 Jadi Kontroversi "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)