Seoul Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Cegah Orang Bunuh Diri di Sungai Han

Hestianingsih - wolipop Rabu, 22 Des 2021 17:45 WIB
Lonely girl sitting on the floor Foto: Getty Images/D-Keine
Seoul -

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan tingkat kasus bunuh diri tinggi. Pada 2019 saja tercatat lebih dari 13.700 orang tewas akibat bunuh diri.

Sekitar 500 percobaan bunuh diri ditemukan di jembatan Sungai Han, Seoul, tiap tahunnya. Kondisi ini mendorong pemerintah Korea Selatan untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI) yang bisa membantu mencegah seseorang bunuh diri.

Sistem teknologi baru di Seoul menggunakan jaringan kamera video yang diprogram untuk mendeteksi perilaku yang biasa diperlihatkan orang yang diduga ingin bunuh diri, Melalui mesin khusus, AI pada kamera CCTV akan melacak individu yang terlihat terlalu lama berdiri atau melamun di jembatan Sungai Han.

AI juga dapat mempelajari gelagat bunuh diri lewat gerak tubuh manusia dengan cara menganalisis data dari kamera serta sensor. Setelah itu sistem ini akan mengirim sinyal ke tim penyelamat yang patroli dekat jembatan Sungai Han.

Dengan begitu tim penyelamat bisa bergegas datang ke lokasi dan mencoba mencegah upaya bunuh diri. Jika sudah terlanjur terjadi, kapal penyelamat pun sudah disiagakan agar bisa menyelamatkan pelaku percobaan bunuh diri dengan cepat.

Teknologi ini dikembangkan sekitar 1,5 tahun lalu oleh Seoul Metropolitan Fire and Disaster Headquarters, berkolaborasi dengan Seoul Institute of Technology.

"Hal terpenting dalam menyelamatkan orang yang mencoba bunuh diri adalah menghentikan mereka sebelum melompat ke air. Begitu sudah kejadian, harapan untuk selamat bisa turun hingga di bawah 50 persen," ujar juru bicara dari Seoul Metropolitan Fire and Disaster Headquarters seperti dikutip dari Insider.

Dia melanjutkan, "Kami memonitor 572 kamera CCTV di pusat pengawasan, jadi tidak mudah bagi para pekerja untuk bisa mengawai semuanya. Tapi sekarang dengan adanya sistem AI bisa membantu menyeleksi area di mana orang dengan perilaku mencurigakan dan menyalakan alarm sehingga tim penyelamat bisa merespons jauh lebih cepat."

Sementara itu Korea Times melaporkan ada 28 jembatan penghubung Sungai Han yang menjadi lokasi populer untuk percobaan bunuh diri. Secara keseluruhan, Korea Selatan mencatat 25,7 kasus bunuh diri per 100 ribu orang.

Bunuh diri juga menjadi penyebab kematian paling tinggi kalangan muda di Negeri Ginseng. Hal ini terjadi sejak 2007.



Simak Video "KuTips: Kreasi Organizer Serbaguna dari Karton Bekas Tisu Roll"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)