Cerita Maudy Ayunda Jaga Kesehatan Mentalnya Sebagai Seorang Introvert

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 06 Nov 2021 09:00 WIB
Maudy Ayunda Maudy Ayunda/Foto: dok. Trinity Optima Production/ Maudy Ayunda
Jakarta -

Menjaga kesehatan mental, terutama di era pandemi saat ini tentunya sangat perlu dilakukan. Untuk menjaga kesehatan mental sendiri ada beragam cara yang bisa dilakukan.

Dalam acara press conference AERIS Beaute X Maudy Ayunda yang diselenggarakan via Zoom pada 4 November 2021, Maudy Ayunda pun membagikan beberapa tipsnya untuk menjaga kesehatan mental di era pandemi. Dalam acara tersebut Maudy juga mengungkapkan bahwa ternyata dirinya memiliki kepribadian introvert.

"Aku tahu bahwa aku itu orangnya introvert dan Icha tau banget kalau aku tuh pasti kalau mau ketemu sama dia pasti selalu di rumah. And it's because i enjoy and get energy from one on one or small group," terang Maudy Ayunda.

Maudy Ayunda mengatakan bahwa dirinya memiliki kepribadian introvert dan cenderung lebih suka menghabiskan waktu di rumah saja. Walaupun hanya di rumah, namun merawat diri sendiri, baik fisik maupun mental menurut Maudy cukuplah penting. Dan untuk mengontrol kesehatan mentalnya Maudy pun membagikan beberapa tipsnya.

"Ya kalau aku biasanya memang dengan melakukan hal-hal yang help me connecting with myself, dan itu bentuknya bisa macam-macam. Kayak yang tadi aku bilang, aku tiba-tiba jadi suka tanaman, aku jadi suka bermusik, atau journaling," terang Maudy.

Menurut Maudy dengan rutin menulis buku harian bisa membantunya lebih terkoneksi dengan diri sendiri. Dengan demikian, dia merasa bisa lebih mengerti perasaannya dan apa yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu dengan menulis buku harian, Maudy juga merasa lebih bisa menghadapi masalah-masalah atau rintangan dalam hidupnya.

"Pada saat aku menuliskan perasaan-perasaan aku, i just feel more connected dan aku merasa lebih mengerti diri aku dan karena itu walaupun ada masalah apapun, kalaupun lagi down, aku tetap merasa kalau aku bisa, you know, face it all gitu. Karena kadang-kadang dengan semua hal yang terjadi selama pandemi ini, kayak anxiety dan ketidak jelasan situasi itu kan sebenarnya we're always thinking about the future, the past, whenever present, also anything that bring me to the present moment really helps, including jornaling," tambah Maudy.

Sedangkan untuk menenangkan diri ketika dirinya merasa stress atau tertekan, Maudy Ayunda mengaku akan lebih memilih untuk melakukan meditasi atau mendekatkan diri ke alam, seperti dengan melakukan hiking. Hal-hal tersebutlah yang kemudian bisa membuatnya kembali tenang dan berpikir lebih jernih.



Simak Video "Cara Cathy Sharon Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)