4 Pelajaran Hidup yang Dipetik Maudy Ayunda Setelah Lulus dari Stanford

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 13 Jul 2021 12:10 WIB
Maudy Ayunda Foto: Instagram/@maudyayunda
Jakarta -

Maudy Ayunda telah menyelesaikan studi S2-nya dan wisuda dari Universitas Stanford. Balik ke Indonesia, wanita yang dikenal sebagai aktris dan penyanyi itu bukan hanya membawa pulang dua gelar sekaligus tapi juga banyak pelajaran hidup. Dalam video terbarunya di YouTube, Maudy Ayunda menceritakan apa saja hal-hal yang baru ditemukan bahkan mengubah hidupnya setelah belajar di kampus bergengsi itu.

1. Belajar Beradaptasi

Maudy AyundaMaudy Ayunda Foto: YouTube Maudy Ayunda

Maudy meraih dua gelar yakni Master of Business Administration (MBA) dan Master of Arts (MA) dari Universitas Stanford di masa pandemi. Hal tersebut ternyata menjadi suatu kesulitan tersendiri baginya karena harus belajar beradaptasi dengan metode belajar yang baru. Ia mengakui jika pengalaman belajarnya berubah untuk menyesuaikan keadaan karena kelas lebih banyak dilakukan melalui Zoom.

2. Menghargai Alam

Maudy AyundaMaudy Ayunda Foto: YouTube Maudy Ayunda

Kuliah di Stanford University juga membuat Maudy Ayunda lebih menghargai alam setelah lebih sering beraktivitas outdoor. Di sana, lingkungan dan fasilitas memang mendukungnya untuk melanjutkan hobi lari bahkan belajar mendaki. "Belum pernah aku begitu nyaman berada dalam terik matahari, aku belajar hiking dan membenamkan diri dalam dunia penuh aktivitas," ungkapnya.

"Jadi salah satu yang aku suka banget adalah banyaknya tempat outdoor di mana aku bisa lari, jalan, being in nature and it's kinda my way spending quality time with myself dan salah satu goal aku adalah aktif jadi aku berusaha setiap hari paling nggak 10 ribu steps gitu," lanjut wanita 26 tahun tersebut.

3. Belajar Berkomunikasi

Maudy AyundaMaudy Ayunda Foto: YouTube Maudy Ayunda

Selain kesempatan untuk menimba ilmu dengan pengajar terbaik dunia, Maudy Ayunda juga mendapat banyak pelajaran hidup dari teman-temannya yang punya beragam latar belakang. Dari situ, ia terinspirasi untuk membuat perubahan untuk dunia. Di saat yang sama, Maudy pun belajar sesuatu yang sederhana tapi penting dalam kehidupan yakni komunikasi.

"Kita belajar tentang banyak business skills, we learn about finance, accounting jadi all the boring stuffs but we also learn about sesimpel communication, for the first time in my life I think I'm so much more comfortable with giving and receiving feedback, mengritik dan juga menerima kritik aku udah ngerasa normal, aku sekarang merasa orang yang tidak bisa menerima kritik itu rugi berat karena itu kesempatan untuk tumbuh dan memperbaiki sebuah hubungan," jelasnya.

4. Arti Hidup Sebenarnya

Maudy AyundaMaudy Ayunda Foto: YouTube Maudy Ayunda

Terakhir Maudy Ayunda belajar mengenai bahwa hidup bukanlah soal pencapaian dan hal-hal besar lainnya. Kini ia lebih menghargai hal-hal kecil, sesederhana udara yang dihirup setiap hari hingga tawa yang dibagi dengan orang lain.

"Anehnya setelah dua tahun ini aku merasa telah jadi orang yang jauh lebih sederhana, dua tahun yang lalu aku datang ke Stanford ingin mengubah dunia tetapi malah mengubah diriku sendiri secara personal. Aku sadar I just wanna be happy dan I wanna keep being the reason of many smiles," tutur wanita yang menempuh studi S1 di Universitas Oxford itu.

[Gambas:Youtube]




(ami/ami)