5 Manfaat Memakai Bra Menurut Ahli Bedah Payudara, Bukan Sekadar Fashion

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 05 Okt 2021 14:18 WIB
NEW YORK, NY - NOVEMBER 05:  Victorias Secret Angel Elsa Hosk wears The 2018 Dream Angels Fantasy Bra at The Plaza Hotel Palm Court on November 5, 2018 in New York City.  (Photo by Slaven Vlasic/Getty Images for Victorias Secret) Manfaat memakai bra. Foto: Getty Images
Jakarta -

Bra atau BH saat ini sedang jadi topik hangat karena dalam salah satu unggahan di media sosial yang viral pakaian tersebut dikatakan tidak dianjurkan dikenakan muslimah. Apa sebenarnya manfaat memakai bra?

Bra mempunyai berbagai fungsi untuk payudara. Meskipun saat ini bra hadir dalam berbagai bentuk dan jenis serta dianggap sebagai fashion semata, pakaian penutup dada itu memiliki manfaat untuk pemakaianya.

Berikut manfaat memakai bra dari pakar:

1. Melindungi Payudara

Menurut Dr Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara di RS Mitra Kemayoran, fungsi pertama dari bra adalah melindungi payudara dan puting dari gesekan yang mungkin terjadi ketika sedang beraktivitas. Bra menjadi penutup yang baik untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari.

2. Penyangga Payudara

Bra tentu memiliki fungsi penopangan untuk menjaga payudara tetap pada tempatnya. Jika wanita lebih sering tidak memakai bra, seiring berjalannya waktu bentuk payudaranya akan tampak berbeda dengan mereka yang rutin pakai bra.

"Dari segi penampilan, bentuk, dan modelnya nanti itu akan berpengaruh," tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin itu dalam sebuah acara peluncuran bra beberapa waktu lalu.

3. Menjaga Elastisitas Payudara

Fungsi bra lainnya adalah menjaga elastisitas payudara. Pemakaian bra yang tepat sejak dini bisa mempengaruhi keindahan payudara hingga tua nanti. "Menjaga kelenturan payudaranya sendiri ya," ujar dokter Alfiah.

4. Lebih Percaya Diri

Tidak sedikit wanita merasa malu bila puting mereka tampak menonjol di balik busana yang dikenakan. Dengan menggunakan bra, wanita tentu semakin percaya diri saat tampil di depan umum.

"Bra juga menambah kepercayaan diri kita terutama ketika menggunakan baju yang tipis," ungkap dokter Alfiah.

5. Tampil Lebih Seksi untuk Pasangan

Kini bra hadir dengan model dan desain yang lebih menarik. Pilihan warna dan model bra juga bisa dipakai untuk menggoda suami sebelum bercinta. "Misalnya pakai renda, warna merah, berbahan lace, itu akan menarik perhatiannya sehingga kita terlihat lebih seksi dan anggun," urai wanita yang mengambil gelar masternya di Universitas Kebangsaan Malaysia itu.

Itulah lima manfaat bra untuk wanita. Yang perlu kamu ingat, sebaiknya jangan memakai bra sepanjang hari terutama saat tidur malam. Dokter Alfiah menjelaskan, tidur memang sebaiknya tidak memakai bra untuk memberikan payudara kesempatan 'bernapas'.

"Setiap hari kita pakai bra dari pagi sampai malam maka sebaiknya saat tidur dilepas untuk memperlancar aliran darah dan oksigen," tutur dokter Alfiah.



Simak Video "Perayaan No Bra Day dan Asal-usulnya"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)