Shirataki Terbuat Dari Apa? Ini Fakta Makanan yang Populer Untuk Diet

Lukita Wardhani - wolipop Kamis, 16 Sep 2021 11:12 WIB
Shirataki terbuat dari apa. Foto: Dok. iStock Shirataki terbuat dari apa. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Kamu pasti sudah tidak asing dengan shirataki kan? Makanan ini bisa berbentuk beras maupun mie. Shirataki sendiri biasa dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

Shirataki terbuat dari dari akar tanaman konjak yang merupakan sejenis umbi, glukomanan, tepung dan air. Pati konjak bertekstur seperti agar-agar dan menempel sehingga sangat ideal dibuat menjadi mie.

Konjak berasal dari Asia Timur. Tanaman itu sendiri memiliki beberapa nama, termasuk tanaman ular dan voodoo lily. Tepung glukomanan berasal dari akar tanaman, yang bisa mencapai ukuran hingga 50 kilogram.

Mie Shirataki juga mengandung glukomanan. Dalam sistem pencernaan, glukomanan bertindak seperti serat makanan, yang berarti tubuh tidak memecahnya untuk digunakan sebagai energi. Hal ini membuat mie shirataki sangat rendah kalori dan karbohidrat, karena memberikan sedikit energi.

Berikut fakta-fakta tentang manfaat shirataki, makanan yang populer untuk diet:

Tidak seperti beberapa makanan sehat, mie shirataki tidak mengandung banyak nutrisi. Mereka tidak mengandung vitamin atau mineral apa pun kecuali produsen menambahkannya. Beberapa produsen menambahkan sedikit tahu atau bahan lainnya, tetapi manfaat nutrisi dari penambahan ini biasanya tidak signifikan. Namun, sebagai makanan rendah kalori, mie shirataki menawarkan beberapa manfaat kesehatan:

Shirataki Dapat Membantu Mengontrol Diabetes

Serat larut dalam mie shirataki dapat memperlambat laju penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Ini dapat membantu penderita diabetes menghindari lonjakan gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa glukomanan, tepung konjak dalam mie shirataki, membantu penderita diabetes. Namun sebaiknya orang dengan diabetes harus berbicara dengan dokter mereka sebelum mengonsumsi glukomanan, karena dapat mempengaruhi pengobatan mereka.

Shirataki Bisa Mengontrol Berat Badan

Mie atau nasi shirataki dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun tidak ada penelitian yang secara khusus menunjukan hal tersebut, namun makanan berserat tinggi sangat membantu dalam hal pengendalian berat badan. Karena serat mengenyangkan, kamu mungkin merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit.

Mereka yang menjalani diet ketogenik dapat menikmati mie shirataki sebagai pengganti makanan tinggi karbohidrat. Penelitian pada glukomanan, tepung yang digunakan dalam mie shirataki, menemukan bahwa itu membantu mengatur berat badan. Untuk hasil terbaik, bagaimanapun, harus tetap menggabungkan dengan diet sehat dan olahraga.

Shirataki juga bisa menjadi makanan yang membantu menurunkan kolesterol dengan cara....KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2