Mengenal Nasi Shirataki, Makanan Kekinian untuk Menurunkan Berat Badan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 20 Okt 2019 09:08 WIB
Nasi shirataki kini jadi makanan diet terbaru untuk menurunkan berat badan. Foto: iStock Nasi shirataki kini jadi makanan diet terbaru untuk menurunkan berat badan. Foto: iStock

Jakarta - Tanaman shirataki yang bisa diolah menjadi nasi atau mie kini jadi makanan favorit mereka yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan. Apa itu sebenarnya shirataki?

Shirataki yang disebut juga 'white waterfall' berasal dari tanama iles-iles. Pakar kuliner Bondan Winarno pernah mengungkapkan Iles-iles adalah umbi, sayuran yang biasanya ditemui di tengah hutan. Bondan bercerita, saat masa penjajahan Jepang, umbi biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Di Jepang, Shirataki ini diolah menjadi bihun dalam Sukiyaki, dan hampir tidak memiliki kalori.

Shirataki yang dikonsumsi pelaku diet tidak hanya hadir dalam bentuk bihun atau mie. Ada juga yang berbentuk butiran beras. Apapun bentuknya, nasi atau mie Shirataki ini disebut makanan ajaib karena sangat rendah kalori.



"Dalam kata lain, kalau Anda makan sepiring penuh (Shirataki), Anda tidak akan gendut," kata Bondan Winarno seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Mie shirataki.Mie shirataki. Foto: iStock


Dokter ahli gizi Dr. Ati Nirwanawati, SKM, MARS, menguatkan pernyataan Bondan di atas. Menurutnya Shirataki banyak mengandung serat namun memiliki sedikit kalori.

"Shirataki ini asalnya dari umbi gajah yang 100% rasanya hambar, kemudian kalau dikunyah itu liat. Banyak mengandung serat kalau liat," kata Dr. Ati saat dihubungi oleh Wolipop,Kamis (17/10/2019).

Ahli gizi yang praktek di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok ini melanjutkan, khusus untuk mie, Shirataki rendah kalori bila dibandingkan dengan mie lainnya.

"Dimana kalau mie basah 175 kalori, 4gram protein, 40gram kabohidrat. Sedangkan kandungan mie kering untuk 50gram sama kandungan kalorinya," jelasnya.

Dalam 100 gram Shirataki, dijelaskan Atik lagi, hanya mengandung 15 kalori saja. Kemudian lemaknya juga rendah hanya 0,02 gram, kandungan karbohidrat hampir 3-4 gram dan proteinnya 19 gram.

"Karena Shirataki itu hampir 97% berupa air yang berserat tinggi sehingga bisa bikin kenyang," tambahnya.

(gaf/eny)