20 Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan, Nggak Pakai Ribet (Bagian 1)

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 09 Jul 2021 12:15 WIB
Woman holding a slice of cucumber Cara diet sehat menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio
Jakarta -

Diet sehat telah terbukti secara ilmiah memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dan menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana cara diet sehat?

Menjalani diet terkadang membuat seseorang memilih jalan praktis dengan cara tidak sehat. Hal tersebut tentu berdampak buruk bagi kesehatan dengan munculnya beberapa penyakit.

Minum obat-obatan hingga olahraga ekstrem bukanlah pilihan tepat untuk menjalani diet sehat. Berikut bagian pertama dari 20 cara diet sehat yang mudah dan simpel untuk dilakukan:

1. Cara Diet Sehat dengan Makan Pelan-pelan

Kecepatan makan kamu memengaruhi seberapa banyak kamu makan, serta seberapa besar kemungkinan Anda untuk menambah berat badan. Seperti dilansir Healthline, faktanya, penelitian yang membandingkan kecepatan makan yang berbeda menunjukkan bahwa seseorang yang makan dengan cepat berisiko hingga 115% lebih mungkin mengalami obesitas daripada seseorang yang makannya lambat.

Sports woman eating salad, standing with lots of healthy fresh food on the kitchen. Concept of losing weight, sports and healthy eatingIlustrasi cara diet sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Makan perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi dan membantu menurunkan berat badan. Cara diet sehat dengan makan perlahan juga terkait dengan pengunyahan yang lebih menyeluruh, yang juga dikaitkan dengan pemeliharaan berat badan yang lebih baik.

2. Pilih Roti Gandum Utuh

Kamu dapat dengan mudah membuat diet menyenangkan dengan menjalani cara diet sehat mengonsumsi roti gandum utuh. Gandum utuh merupakan sumber serat yang baik, vitamin B dan beberapa mineral, seperti seng, besi, magnesium dan mangan. Pastikan untuk membaca label untuk memastikan bahwa roti dibuat dengan biji-bijian, bukan campuran biji-bijian utuh dan olahan.

3. Tambahkan Greek Yoghurt sebagai Cara Diet Sehat

Greek Yoghurt (yoghurt ala Yunani) lebih kental daripada yogurt biasa. Ini telah disaring untuk menghilangkan kelebihan whey, yang merupakan bagian berair dari susu. Hasil akhirnya adalah yoghurt yang lebih tinggi lemak dan proteinnya dibandingkan yoghurt biasa.

Makan sumber protein yang baik membantu Anda merasa kenyang lebih lama, membantu mengatur nafsu makan dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Karena greek yoghurt telah disaring, mengandung lebih sedikit karbohidrat dan laktosa daripada yogurt biasa, sehingga cocok untuk mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat. Cukup ganti beberapa makanan ringan atau varietas yoghurt biasa dengan greek yoghurt untuk mendapatkan protein dan nutrisi dosis tinggi sebagai salah satu cara diet sehat.

Natural YogurtMengonsumsi Yoghurt, Bisa Jadi Cara Diet Sehat Foto: Thinkstock

4. Jangan Belanja Tanpa Daftar

Ada dua strategi penting untuk diterapkan saat Anda berbelanja bahan makanan: buat daftar belanjaan sebelumnya, dan jangan pergi ke toko dalam keadaan lapar. Tidak tahu persis apa yang kamu butuhkan memberi ruang untuk pembelian impulsif, sementara rasa lapar dapat semakin memperburuk impulsif kamu.

Dengan membuat daftar belanja, kamu tidak hanya akan membeli barang-barang yang lebih sehat, tetapi juga menghemat uang. Ini juga bisa menjadi salah satu cara diet sehat.

5. Sebaiknya Makan Telur untuk Sarapan

Telur sangat sehat, terutama jika kamu memakannya di pagi hari. Telur kaya akan protein berkualitas tinggi dan banyak nutrisi penting.

Menurut penelitian, makan telur di pagi hari meningkatkan perasaan kenyang. Ini telah terbukti menyebabkan orang mengonsumsi lebih sedikit kalori selama 36 jam ke depan, yang bisa sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

6. Tingkatkan Asupan Protein

Protein sering disebut sebagai raja nutrisi, karena kemampuannya untuk memengaruhi hormon rasa lapar dan kenyang. Meningkatkan asupan protein tentu jadi cara diet sehat.

Bowl with delicious oatmeal, egg and avocado on wooden tableCara diet sehat dengan menambah asupan protein. Foto: iStock

Satu studi menunjukkan bahwa hanya dengan meningkatkan asupan protein dari 15% menjadi 30% kalori membuat orang makan 441 kalori lebih sedikit per hari. Terlebih lagi, protein membantu Anda mempertahankan massa otot, yang menentukan laju metabolisme. Sumber protein yang baik termasuk ikan, produk susu, kacang-kacangan, selai kacang, telur, dan daging tanpa lemak.

7. Cara Diet Sehat dengan Perbanyak Minum Air

Minum cukup air penting untuk kesehatan kamu. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa air minum dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan.

Studi juga menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori selama makan berikutnya. Orang yang minum banyak air telah terbukti mengkonsumsi 200 kalori lebih sedikit per hari dibandingkan mereka yang minum minuman lain.

8. Memanggang Makanan Alih-alih Menggoreng

Cara menyiapkan makanan dapat secara drastis mengubah efeknya pada kesehatan kamu. Memanggang dan menggoreng adalah metode populer untuk menyiapkan daging dan ikan.

Menu Baked Potato di Wendy'sAyam panggang Foto: Instagram

Jenis metode memasak dengan menggoreng membuat beberapa senyawa yang berpotensi beracun terbentuk, seperti hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) dan amina heterosiklik (HCA). Semua senyawa ini telah dikaitkan dengan beberapa penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Metode memasak yang termasuk memanggang, merebus, tidak membentuk senyawa berbahaya ini dan dengan demikian membuat makanan lebih sehat.

9. Konsumsi Suplemen Omega-3 dan Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi yang tepat dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dengan jumlah tinggi ditemukan dalam makanan laut berlemak.

Asam lemak omega-3 adalah nutrisi lain yang biasanya kurang ditemukan dalam makanan laut berlemak. Mereka memiliki banyak peran penting dalam tubuh, termasuk mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak. Omega-3 dan vitamin D sering dapat ditemukan bersama dalam suplemen. Ini bisa membantu kamu menjalani cara diet sehat.

10. Ganti Restoran Makanan Cepat Saji Favorit

Makan di luar tidak harus melibatkan makanan yang tidak sehat. Pertimbangkan untuk mengganti restoran cepat saji favorit kamu menjadi restoran dengan pilihan yang lebih sehat.

Apalagi cara diet sehat yang mudah dilakukan? Nantikan bagian kedua 'Cara Diet Sehat, Nggak Pakai Ribet.'



Simak Video "Fakta Medali Olimpiade Tokyo 2020 yang Terbuat dari Limbah Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)