6 Olahraga yang Membuat Tidur Nyenyak, Bisa Dicoba Saat Insomnia

Hestianingsih - wolipop Kamis, 24 Jun 2021 17:33 WIB
yoga Olahraga yang membuat tidur nyenyak. Foto: shutterstock
Jakarta -

Apakah kamu kerap susah tidur di masa pandemi COVID-19 ini? Jika iya bisa coba enam olahraga yang membuat tidur nyenyak ini.

Olahraga memang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain bisa menyehatkan tubuh dan menurunkan berat badan, olahraga juga dapat membuat kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Apa saja olahraga yang membuat tidur nyenyak?

Sebelum mengetahui jenis olahraga yang dapat membuat tidur nyenyak, kamu perlu mengetahui kapan sebaiknya berolahraga. Apakah olahraga sebelum tidur bisa membuat tidur nyenyak?

Untuk bisa tidur nyenyak, kamu sebaiknya olahraga dengan intensitas tinggi tiga jam sebelum tidur. Tidak disarankan olahraga saat benar-benar mendekati jam tidur.

Biasanya orang akan berpikir kalau olahraga keras sebelum tidur, bisa membuat mereka merasa sangat lelah di malam hari. Namun nyatanya, olahraga sebelum tidur akan menstimulasi detak jantung

Alasan olahraga sebaiknya dilakukan di sore hari atau tiga jam sebelum tidur adalah karena aktivitas ini akan menaikkan temperatur tubuh. Dan saat kamu bersiap-siap tidur, temperatur tubuh pun menurun. Proses penurunan temperatur tubuh inilah yang membuat kamu menjadi ngantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

Athletic Beautiful Woman Exercises with Jump / Skipping Rope in a Gym. She's Covered in Sweat from Her Intense Cross Fitness Training. Dark atmosphere.Olahraga yang membuat tidur nyenyak. Foto: thinkstock

Olahraga yang Membuat Tidur Nyenyak

Semua bentuk olahraga bermanfaat untuk memaksimalkan waktu tidur. Tapi ada beberapa yang memberi dampak lebih efektif pada kualitas tidur.

Berikut olahraga yang dapat membuat tidur nyenyak:

- Latihan Kardiovaskular meningkatkan detak jantung dan jika dilakukan akan membantu meregangkan otot. Lakukan jenis olahraga ini selama 20 menit per sesi, tiga sampai empat kali seminggu.

Olahraga jenis ini di antaranya:

-Berenang
-Lompat tali
-Berjalan kaki
-Berenang.

- Latihan kekuatan yang membentuk otot bisa membuat kamu tidur nyenyak. Olahraga yang termasuk latihan kekuatan ini biasanya membuat kamu berlatih teknik pernapasan dan membentuk postur tubuh. Saat melakukan olahraga ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada otak serta melepaskan stres.

Olahraga jenis ini di antaranya:
-Yoga
-Pilates.

Itulah enam olahraga yang membuat tidur nyenyak. Sekali lagi kamu harus ingat sebaiknya berbagai jenis olahraga ini dilakukan tiga jam sebelum tidur malam hari.



Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)