Yuk Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Lakukan 8 Kebiasaan Ini

Hestianingsih - wolipop Minggu, 22 Nov 2020 08:00 WIB
Berjemur pagi hari salah satu cara mudah menjaga daya tahan tubuh. Foto: iStock Berjemur pagi hari salah satu cara mudah menjaga daya tahan tubuh. Foto: iStock
Jakarta -

Menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang penting di masa pandemi Corona yang panjang ini. Selain dengan mengonsumsi suplemen, kamu juga bisa melakukan cara menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan kebiasaan sehari-hari yang mudah dicoba berikut ini.

Pada dasarnya cara terbaik untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Dengan melakukan gaya hidup sehat secara rutin bisa mememberikan efek lebih lama ketimbang hanya sesekali meminum suplemen.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Sehari-hari

1. Minum 'Ramuan' Sehat

Cara menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi Corona ini, kamu bisa membuat minuman 'tonik' sendiri dari campuran air lemon, madu, jahe dan kunyit yang diseduh dengan air hangat. Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Evidence-Based Complementari and Alternative Medicine, madu tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh alami.

Racikan Jahe dan MaduRacikan Jahe dan Madu Foto: iStock

Jahe, mengandung antioksidan yang berperan sebagai antivirus dan banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Sementara jus lemon tinggi akan vitamin C untuk cegah pilek dan kunyit mengandung curcumin, zat yang bisa mengatur kestabilan imun tubuh.

2. Tidur 7-8 Jam di Malam Hari

Young girl sleeping in bedYuk Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Lakukan 8 Kebiasaan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Deklofenak

Usahakan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut. Dikutip dari Mayoclinic, sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imun tubuh, membuat kamu mudah terserang virus dan tubuh jadi lebih sulit untuk melawannya. Idealnya, durasi tidur yang sehat dan disarankan adalah 7-8 jam di malam hari.

3. Konsumsi Bawang Putih

Peeled garlic in bowlBawang putih bisa menjaga daya tahan tubuh. Foto: iStock

Makan bawang putih setiap hari tidak hanya bisa jadi cara menjaga daya tahan tubuh tapi juga mencegah penyakit jantung, berdasarkan studi yang dilakukan University of Maryland Medical Center. Kamu tidak harus makan bawang putih dalam keadaan mentah dan utuh. Tapi sebagai bumbu penyedap dalam masakan, hanya saja jumlahnya bisa ditambah. Bawang putih kaya akan antioksidan dan zal allicin yang melawan dan mengurangi kerusakan pada tubuh, disebabkan radikal bebas dari waktu ke waktu.

4. Makan Sup Ayam

Tidak hanya lezat disantap, sup ayam juga kaya akan nutrisi yang membantu tubuh lebih kuat menghadapi gangguan kesehatan ringan. Berdasarkan studi dari University of Nebraska Medical Center, sup yang mengandung ayam dan sayuran punya efek anti peradangan ringan. Sup yang berisi ayam, bawang merah/bawang putih, kentang, wortel, seledri, garam dan merica telah terbukti memperlambat migrasi sel-sel darah putih ke saluran pernapasan sehingga membantu meredakan gejala pilek.

5. Rajin Olahraga

Side view of attractive pregnant woman practicing downward dog pose on exercise mat at homeCara menjaga daya tahan tubuh dengan rajin olahraga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

Sudah banyak ahli yang mengungkap manfaat olahraga sebagai cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Data dari US National Library of Medicine pun membuktikan aktif bergerak bisa membantu membuang bakteri penyebab penyakit dari paru-paru. Hal ini menurunkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan udara dan sistem pernapasan. Olahraga juga melancarkan sirkulasi sel-sel darah putih, memungkinkan tubuh kamu mendeteksi penyakit lebih dini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]