6 Keuntungan Tak Terduga dari Olahraga di Malam Hari

- wolipop Rabu, 18 Mar 2015 08:50 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Tak sempat berolahraga pagi hari tadi dan berencana melakukannya saat pulang kerja nanti? Jangan ragu untuk latihan di sore bahkan malam hari! Meski Anda mungkin sudah sedikit lelah, mengantuk, atau kurang mood, olahraga malam sebenarnya memiliki manfaat tersendiri. Sebagian orang menganggap latihan sebelum tidur adalah hal yang buruk karena bisa menyebabkan insomnia atau sulit dijadikan rutinitas. Namun daripada menghabiskan malam dengan menonton televisi sambil makan cemilan tak sehat, apakah tak lebih baik untuk pergi ke gym saja? Lagipula olahraga saat malam memiliki sejumlah keuntungan tak terduga yang mungkin Anda belum ketahui. Apa saja?

1.‎ Latihan Lebih Bebas
Saat pagi hari apalagi ketika akhir pekan, tak jarang pecinta olahraga harus bergantian menggunakan alat. Jika tempat gym langganan Anda biasanya sepi saat malam, tak ada salahnya untuk mencoba. Ketika tidak banyak orang, fasilitas gym dapat dipakai lebih lama dan bebas. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mencoba alat-alat yang belum pernah digunakan sebelumnya atau fasilitas untuk personal training. Selain itu, Anda juga bisa berdiskusi dengan trainer secara lebih detail.

2. ‎Tubuh Lebih Siap
Beberapa penelitian yang menyarankan orang untuk ‎latihan pagi hari biasanya hanya berfokus pada pikiran bukan tubuh. Pikiran Anda mungkin saja sudah siap berolahraga saat pagi namun tubuh bisa jadi baru siap ketika malam. Sebuah studi lain mengungkapkan jika kekuatan dan fungsi otot berada pada puncaknya ketika matahari tenggelam. Kerja oksigen pun jadi lebih maksimal. Dengan kata lain Anda bisa berolahraga dengan lebih lama.

3. ‎ Alternatif Lari
Apakah Anda penggemar lari di ruangan terbuka? Lari bisa menjadi olahraga yang membosankan. Ketika Anda sedang merasa demikian, cobalah lari dengan suasana baru yakni di malam hari. Jogging ditemani bintang-bintang mungkin akan membuat suasana hati lebih tenang setelah hari yang berat. Namun pastikan jika Anda memakai pakaian yang lebih tebal agar tak kedinginan.

4.‎ Lebih Sosial
‎Saat berolahraga di pagi hari tak jarang orang melakukannya dengan buru-buru sehingga tak sempat mengobrol dengan anggota gym lain. Jika ingin lebih santai dan tak suntuk saat latihan, coba olahraga saat malam. Dengan begitu, Anda bisa lebih santai berdiskusi dengan sesama pecinta olahraga. Siapa tahu disana Anda bisa dapat pasangan?

5. ‎Melepas Stress
Ketika siang hari Anda diwarnai dengan kejadian buruk‎, olahraga malam bisa digunakan sebagai ajang balas dendam. Kekesalan terhadap bos mungkin tidak bisa dilampiaskan secara langsung namun bisa 'diwakili' dengan latihan tinju. Aman dan menyehatkan.

6. Tidur Lebih Nyenyak
Olahraga adalah kunci tidur nyenyak. Jika Anda takut jadi insomnia jika latihan terlalu keras, pilih saja olahraga ringan dan menenangkan seperti yoga. Sebuah penelitian membuktikan jika orang-orang yang mengangkat berat saat malam memiliki kualitas dan waktu tidur yang lebih baik. Jadi meski tidur akan sedikit lebih sulit, istirahat bisa lebih nyenyak.

(ami/aln)