Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Baik untuk Imun Hingga Rambut

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 13 Feb 2021 11:05 WIB
Tips mudah kupas wortel Foto: Istimewa
Jakarta -

Wortel sering hadir dalam berbagai masakan Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis, ternyata wortel memiliki banyak kandungan di dalamnya seperti beta karoten, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kerana itu, kamu dapat mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan saat mengkonsumsi wortel. Berikut manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Wortel mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan,juga vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Mengkonsumsi wortel secara teratur juga dapat melindungi tubuh dari kuman.

2. Menjaga Kesehatan Rambut
Salah satu manfaat terbaik wortel untuk kecantikan adalah menjaga dan membuat rambut tetap indah. Wortel memberi vitamin penting yang membuat rambut kamu lebih kuat, lebih tebal, dan lebih berkilau dari sebelumnya.

3. Buat Kulit Bercahaya
Dengan mengkonsumsi wortel lebih banyak kamu bisa mendapatkan kulit yang berkilau. Kandungan Beta karoten yang memberi warna oranye pada wortel ternyata juga dapat mencerahkan kulit dan membuatnya bersinar. Meski banyak manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan tapi tetap ingat jangan konsumsi secara berlebihan karena bisa mengakibatkan kulit kamu berubah menjadi oranye kekuningan untuk sementara.

4. Mencegah Keriput
Kandungan Beta karoten dalam wortel berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh kamu. Vitamin A sangat bagus untuk membuat kulit lebih kencang, elastis dan sehat.

5. Melindungi Gigi
Kamu akan memiliki senyum yang cerah berkat mengkonsumsi wortel. Wortel merupakan sayuran untuk melindungi dari gigi berlubang, mengunyah wortel mentah berfungsi sebagai sikat gigi alami. Wortel juga kaya akan keratin dan vitamin A yang melawan plak sehingga membantu memperkuat enamel gigi yang rapuh.

6. Menutrisi Kulit Kering
Wortel sangat bagus untuk kamu yang memiliki kulit kering karena mengandung kalium. Minumlah jus wortel secara teratur untuk menjaga tubuh dan kulit kamu tetap terhidrasi agar mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan.

7. Menyamarkan Noda Kulit
Dengan meminum jus wortel, juga dapat membantu mengurangi munculnya noda dan bekas luka di kulit kamu. Kalau kamu tidak suka dengan jus wortel kamu bisa melakukannya dengan mengoleskan masker wortel langsung ke kulit kamu.

8. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Wortel dapat melindungi kulit kamu dari sinar matahari. Lagi-lagi kandungan Beta karoten dalam wortel adalah nutrisi yang sangat ramah kulit dan mengubah menjadi vitamin A saat di dalam tubuh. Ini membantu memperbaiki jaringan kulit sekaligus melindungi kulit dari radiasi berbahaya.

9. Mengurangi Kulit Berminyak
Jika kamu memiliki kulit berminyak, mungkin pernah memperhatikan bahwa produk perawatan kulit yang dipakai pasti mengandung vitamin A berupa retinoid dan tretinoin. Wortel juga mengandung banyak vitamin A, jadi makan wortel dapat membantu mengurangi kulit berminyak.

Itulah manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa semakin mendorong kamu untuk makan sehat.

(ami/ami)